Dark/Light Mode

Kemenag Rilis Jadwal Pemberangkatan Jemaah Haji, 22 Kloter Terbang 12 Mei

Minggu, 5 Mei 2024 13:33 WIB
Jemaah haji Indonesia 2023 saat berangkat ke Tanah Suci. (Foto: Dok. Kemenag)
Jemaah haji Indonesia 2023 saat berangkat ke Tanah Suci. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) merilis jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia. Dua puluh dua kelompok terbang (kloter) dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 11 Mei dan secara bertahap diberangkatkan pada 12 Mei 2024.

Tahun ini Indonesia mendapat 241.000 kuota haji. Jumlah ini terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Baca juga : Menag Bakal Tindak Tegas Travel yang Berangkatkan Jemaah Haji Tanpa Visa Resmi

“Proses pembagian kloter dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jemaah sudah selesai. Kloter pertama akan mulai terbang pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci,” terang Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab, di Jakarta, Minggu (5/5).

Dia menerangkan, ada 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang akan melayani pemberangkatan jemaah haji, yaitu: Embarkasi Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujungpandang (UPG).

Baca juga : Garuda Buka Rute Penerbangan Manado-Denpasar PP, Terbang 2 Kali Seminggu

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan pada 12-23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung pada 24 Mei-10 Juni 2024.

“Pada hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi, yaitu: dua kloter dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede, tiga kloter dari Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari Embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang,” sebut Saiful Mujab.

Baca juga : Keren, Soetta Peringkat 28 Bandara Terbaik Dunia 2024 Versi Skytrax

“Jelang keberangkatan, saya mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.