Dark/Light Mode

Kemenag Minta Petugas Haji Layani Jemaah Lansia Seperti Orang Tua Sendiri

Rabu, 20 Maret 2024 11:50 WIB
Direktur Bina Haji, Kementerian Agama, Arsad Hidayat (Foto: Dok. Kemenag)
Direktur Bina Haji, Kementerian Agama, Arsad Hidayat (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Bina Haji, Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat, meminta para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk melayani para jemaah lanjut usia (lansia) dengan sepenuh hati. Para petugas haji harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah lansia.

"Layani jemaah lansia seperti orang tua kita sendiri. Siapkan tempat terbaik, makanan terbaik. Sambut dengan baik, seperti saat kita menyambut kedatangan orang tua kita," ucapnya, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) PPIH Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (20/3).

Arsad mengingatkan, psikologi lansia biasanya mudah terbawa perasaan alias baper. Karena itu, para petugas haji harus sekuat mungkin menjaga perasaan mereka. Jangan sampai mereka tersinggung.

Baca juga : Pesan Wamenag ke Petugas Haji: Harus Semakin Ramah Lansia

"Jangan sekali-kali bicara dengan bercanda dengan mereka. Jangan juga sekali-kali janji lalu tidak ditepati," pesannya.

Arsad lalu mengingatkan mengenai tantangan yang dihadapi di musim haji 2024. Salah satunya, siklus cuaca yang masih ada di musim panas. "Di puncak haji, suhu mencapai 47, 48, 49, bahkan sampai 50 derajat celcius," terangnya.

Teriknya cuaca ini, lanjut Arsad, penting untuk disosialisasikan ke para jemaah demi keselamatan mereka. "Jangan sampai demi meraih keafdolan ibadah, menjaga kesehatan jiwa diabaikan," perannya.

Baca juga : Aktor Donny Kesuma Meninggal Dunia, Sempat Dirawat Karena Serangan Jantung

Tantangan berikutnya adalah masalah transportasi. Arsad menerangkan, di 2023 terjadi keterlambatan transportasi di Muzdalifah.

"Saya pesan masalah transportasi jangan terulang kembali. Tolong dipastikan betul, tidak ada lagi keterlambatan bus dari Muzdalifah ke Mina," ucapnya.

Arsad juga menekankan komitmen yang harus dipegang oleh para petugas haji. Yang utama adalah komitmen melayani jemaah. "Ibadah kita adalah melayani jemaah. Petugas haji harus siap tidak berhaji, kecuali untuk yang belum berhaji," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.