Dark/Light Mode

BIN Komit Perkuat Pertahanan Dan Keamanan IKN

Rabu, 8 Mei 2024 14:29 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (Sestama BIN) Komisaris Jenderal (Komjen) Bambang Sunarwibowo memandang, BIN dan Otorita IKN perlu meningkatkan sinergisitas.

Menurut dia, sinergisitas dan kolaborasi kedua institusi sangat dibutuhkan dalam menghadapi perubahan lingkungan strategis yang semakin kompleks, baik dalam tataran global maupun regional.

"Kerja sama yang erat antara OIKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber," ujar Komjen Bambang, Rabu (8/5/2024)> 

Baca juga : Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman Demi Kenyamanan Keluarga

Dia melanjutkan, institusi yang dipimpin oleh Kepala BIN Jenderal (Purn.) Budi Gunawan, siap bersinergi dengan OIKN dalam rangka menguatkan sistem pertahanan dan keamanan di IKN.

Salah satu upaya tersebut dilaksanakan melalui penyiapan Sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpusat pada One Signal Network.

Di tempat yang sama, Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya menjelaskan, IKN akan menjadi pusat pemerintahan yang aman, modern, dan berkelanjutan.

Baca juga : Bank DKI Gandeng Komunitas Tamiya Perluas Transaksi Non Tunai

Sistem pertahanan dan keamanan yang dibangun melalui Sishankamrata yang mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan non militer.

"Selaras dengan diplomasi dan didukung oleh pertahanan cerdas yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan,” terangnya.

Sementara itu, konsep smart security yang telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) Pertahanan dan Keamanan IKN pada Oktober 2023 lalu, telah menjadi landasan penting dalam penyusunan strategi keamanan cerdas di IKN.

Baca juga : BCA Syariah Komit Dorong UMKM Perempuan Berikan Dampak Berkelanjutan

“Kami telah mengintegrasikan konsep smart security ini dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk dengan pihak-pihak terkait seperti BIN dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di IKN,” tutup Jaka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.