Dark/Light Mode

Gunung Ibu Naik Status Siaga, Masyarakat Diminta Waspada

Kamis, 9 Mei 2024 11:35 WIB
Ilustrasi Gunung Ibu. Foto: BNPB
Ilustrasi Gunung Ibu. Foto: BNPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan. 

Sejak 26 April 2024, gunung ini telah beberapa kali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 3.500 meter, disertai lontaran lava pijar dan suara dentuman.

Baca juga : Gunung Ibu Di Halmahera Naik Status Jadi Level III (Siaga)

Berdasarkan pemantauan visual dan instrumental, Badan Geologi menaikkan tingkat aktivitas Gunung Ibu dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) pada tanggal 8 Mei 2024.

Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan diimbau untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 3 km dari kawah aktif. 

Baca juga : Update Aktivitas Gunung Ruang: Masih Status Awas, Ini Imbauan Untuk Masyarakat

Pemantauan aktivitas Gunung Ibu terus dilakukan secara intensif oleh Pos Pengamatan Gunung Api Ibu dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.