Dark/Light Mode

Gunung Ibu Di Halmahera Naik Status Jadi Level III (Siaga)

Rabu, 8 Mei 2024 14:15 WIB
Peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Ibu di Halmahera, Maluku. (Foto: PVMBG)
Peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Ibu di Halmahera, Maluku. (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara naik status dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga), terhitung Jumat (8/5/2024) pukul 10.00 WITA. 

Kenaikan status ini mempertimbangkan peningkatan aktivitas vulkanik yang dialami Gunung Ibu, berdasarkan hasil visual dan instrumental.

Baca juga : Gunung Awu Naik Status Siaga, Warga Diminta Jauhi Radius 4 Km

Terkait hal tersebut, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Gunung Ibu dalam radius 3 km. Serta perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu (Desa Duono, Tokuoko, Goin, Togorebasung, Sangajinyeku, Toguis, Todoke, dan Borona).

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Baca juga : Puncak Arus Mudik Di Jalur Nagreg Naik 5 Persen Di H-2 Lebaran

Penduduk yang berada di Desa Duono, Tokuoko, Goin, Togorebasung, Sangajinyeku, Toguis, Todoke, dan Borona yang berada lebih dari 4 km dari bukaan kawah di bagian utara, harus meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi arahan dari Pemerintah Daerah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.