Dark/Light Mode

Terbang Ke Bali, Jokowi Bakal Buka KTT WWF Ke 10 Besok

Minggu, 19 Mei 2024 15:52 WIB
Pelaksanaan KTT World Water Forum Ke 10 di Bali
Pelaksanaan KTT World Water Forum Ke 10 di Bali

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Bali, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, pada Minggu (19/5). 

Jokowi diagendakan akan membuka KTT WWF, pada Senin 20 Mei 2024. Jokowi dan rombongan lepas landas ke Bali, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.40 WIB, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Jokowi tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, pada Minggu (19/5) sore hari.

Baca juga : Menteri Basuki Tiba Di Bali, Cek Kesiapan Venue Utama WWF Ke 10

Agenda KTT WWF ke-10 akan diawali dengan jamuan santap malam bagi para pemimpin dan delegasi di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung.

KTT WWF sendiri akan dibuka oleh Jokowi melalui upacara pembukaan yang akan digelar di Bali International Convention Center (BICC) besok, Senin (20/5).

Jokowi juga direncanakan akan  melakukan sejumlah pertemuan bilateral di sela-sela KTT WWF tersebut.

Baca juga : Soal Kaesang Jadi Cawalkot Bekasi, Jokowi: Tanyakan Langsung Ke PSI

Pelaksanaan WWF Ke-10 dijadwalkan dihadiri 8 kepala negara dan 105 menteri bakal hadir dalam World Water Forum (WWF) ke-10 yang digelar dari tanggal 18 hingga 25 Mei 2024 di Bali. Kedelapan kepala negara tersebut, dari Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Sri Lanka, Hungaria, Maroko dan Indonesia selaku tuan rumah.

Selain itu, sebanyak  132 negara dan organisasi internasional, dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai sekitar 46 ribu orang akan hadir di KTT WWF ke 10.

Forum Air Dunia ini mengusung tema besar 'Water for Shared Prosperity atau Air untuk Kemakmuran Bersama'. Forum air dunia ini akan memberikan berbagai manfaat politik bagi Indonesia, mulai dari peningkatan pengaruh internasional hingga peluang untuk memperkuat diplomasi dan kerja sama di sektor air. 

Baca juga : Iran-Israel Memanas, Jokowi Berikan Dua Arahan Untuk Menlu Retno

Pelaksanaan WWF tersebut, juga  akan membahas empat hal, yakni konservasi air, air bersih dan sanitasi , ketahanan pangan dan energi  serta mitigasi bencana alam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.