Dark/Light Mode

Holding Perkebunan PTPN Apresiasi Gelar Doktor Kehormatan Pada Soedjai Kartasasmita

Rabu, 29 Mei 2024 11:08 WIB
Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menyambut baik penganugerahan Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Soedjai Kartasasmita yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU). (Foto: Dok. Holding Perkebunan Nusantara PTPN III)
Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menyambut baik penganugerahan Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Soedjai Kartasasmita yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU). (Foto: Dok. Holding Perkebunan Nusantara PTPN III)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menyambut baik penganugerahan Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Soedjai Kartasasmita yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU), pada Senin (27/5/2024).

Anugerah tersebut disematkan atas pemikiran, kiprah, dan kontribusinya yang luar biasa di bidang perkebunan khususnya dalam Pembangunan Perkebunan di Indonesia.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, anugerah tersebut sangat layak diberikan kepada Sang Begawan Perkebunan Indonesia.

Menurutnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini telah memberikan dedikasi dan keberhasilan dari awal karir, hingga masa purna baktinya sehingga sangat patut untuk diteladani bagi planters perkebunan.

"Bapak Soedjai Kartasasmita salah satu putra terbaik bangsa, beliau telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan SDM, penerapan teknologi informasi, dan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam industri perkebunan," kata Abdul Ghani dalam keterangannya, Rabu (29/5/2024).

Abdul Ghani menilai, Soedjai Kartasasmita telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek perkembangan industri perkebunan.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Selasa 21 Mei Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Kepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi SDM tercermin melalui program pelatihan bekerja sama dengan negara lain, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang manajemen perkebunan modern.

Tidak hanya itu, ia menginisiasi kerjas ama untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik ramah lingkungan, menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, Soedjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Di kesempatan tersebut, Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saragih mengatakan, bahwa Soedjai Kartasasmita merupakan pioneer di bidang perkebunan.

"Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan leadership yang bagus, dan salah satu pemain utamanya adalah beliau," ungkapnya.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 18 Mei Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Dia menilai, pemberian penganugerahan Doktor Kehormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara adalah hal yang tepat.

"Saya sangat menghargai itu. Karena banyak contoh yang dikasih beliau, tidak hanya pembangunan perkebunan, tetapi juga kepribadian yang baik. Tidak banyak anak Indonesia yang seperti ini, dan kita harus menghargai itu," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pertanian periode 1998-1999 Justika Baharsjah.

Ia menilai, Soedjai Kartasasmita sangat berjasa untuk kemajuan perkebunan Indonesia.

"Dengan amalan dan kontribusinya, sehingga sudah sangat pantas beliau mendapat anugerah kehormatan ini," katanya.

Sementara itu, Komisaris PT KBP Chakra Rachmat Badruddin, menambahkan, meski Soedjai Kartasasmita utamanya dikenal sebagai ahli di bidang sawit, tetapi pengetahuannya di industri perkebunan lain sangat mumpuni.

Baca juga : Kelas BPJS Kesehatan Tidak Dihapus, Kualitas Dinaikkan

"Beliau sangat kuat di bidang sawit, tapi ternyata juga sangat menguasai di bidang perkebunan teh dan yang lain," ucapnya.

Founder dan Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) Tungkot Sipayung mengaku bersyukur Soedjai Kartasasmita sebagai seorang pioner dan pejuang perkebunan Indonesia memperoleh penghargaan yang luar biasa.

Menurutnya, Soedjai Kartasasmita adalah perintis perkebunan yang hasilnya bisa di nikmati hari ini.

"Kemajuan perkebunan Indonesia yang kita dapat saat ini salah satunya hasil kontribusi beliau, mulai dari perkebunan, hilirisasi, maupun riset. Anak muda saat ini jangan sia-siakan apa yang telah dibuat pendahulu kita, termasuk oleh pak Soedjai," jelas Tungkot.

Pemberian gelar kehormatan kepada Soedjai Kartasasmita juga dihadiri oleh sejumlah direktur perusahaan perkebunan serta kolega yang berasal dari dalam dan luar negeri, menunjukkan pengakuan akan kontribusinya serta jaringan luas yang telah dibangunnya dalam industri perkebunan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.