Dark/Light Mode

Diresmikan Presiden, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Telan Biaya Rp 4,8 Triliun

Jumat, 31 Mei 2024 19:53 WIB
Presiden Joko Widodo pencet tombol meresmikan Jalan Tol yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Riau Jumat (31/5).
Presiden Joko Widodo pencet tombol meresmikan Jalan Tol yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Riau Jumat (31/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar di Provinsi Riau. 

Ruas sepanjang 24,7 km ini telan anggaran Rp 4,8 triliun. Selain seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar,  Presiden juga meresmikan dan mengoperasikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sejak awal tahun 2023 lalu.

Baca juga : Diluncurkan Presiden, AHY Siap Integrasi Layanan INA Digital Di Pertanahan

"Saya titip kepada gubernur dan bupati agar jalan tol ini didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif baik pertanian, perkebunan, dan pariwisata sehingga betul-betul ada manfaatnya untuk perekonomian daerah. Mobilitas orang dan barang juga bisa lebih cepat kagi sehingga bisa bersaing dengam negara lain," kata Presiden Jokowi, Jumat (31/5)

Menteri Basuki menyampaikan, bahwa selain seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar yang diresmikan hari ini, ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang  juga telah diresmikan dan dioperasikan sejak awal tahun 2023 lalu. 

Baca juga : Likuiditas Kuat, Bank Mega Syariah Raih Pertumbuhan DPK Hingga Rp 10 Triliun

“Jadi selain seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar yang diresmikan hari ini, ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang  juga telah diresmikan dan dioperasikan sejak awal tahun 2023 lalu,” ujar Menteri dari PDI Perjuangan ini.

Basuki mengatakan, Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dibangun oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya Infrastruktur selaku kontraktor pelaksana. Sedangkan untuk pengelolaanya setelah beroperasi oleh PT Hutama Karya (Persero) diserahkan oleh  Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). 

Baca juga : Pekan Depan Presiden Tengok Korban Galodo

“Ruas tol ini memiliki manfaat untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat, meningkatkan ekonomi,  meningkatkan efisiensi waktu tempuh dari Pekanbaru menuju Pangkalan, memudahkan akses ke kawasan pariwisata seperti Candi Muara Takus di Riau dan berbagai kawasan pariwisata lainnya, serta menumbuhkan perekonomian wilayah karena berfungsi sebagai jalur perdagangan dari Riau menuju Sumatera Barat,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala BPJT Miftachul Munir, Direktur Jalan Bebas Hambatan Triono Juno Asmono, Sekretaris BPJT Apri Artoto, Kepala BPJN Riau Yohanis Tulak Todingrara, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Pantja Dharma Oetojo.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.