Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,7 Guncang Nias Selatan, Getaran Terasa Hingga Padang

Rabu, 5 Juni 2024 18:53 WIB
Ilustrasi pusat gempa. Foto: BMKG
Ilustrasi pusat gempa. Foto: BMKG

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Rabu (5/6) pukul 18.16 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di laut, 78 kilometer tenggara Nias Selatan, pada kedalaman 57 kilometer.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5,7 Guncang Mukomuko Bengkulu, Terasa Hingga Jambi

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat di Nias Selatan dengan skala intensitas III MMI. Getaran juga terasa hingga wilayah Gunung Sitoli (II MMI), serta sejumlah daerah di Sumatera Barat seperti Pasaman Barat, Padang Pariaman, dan Agam (III MMI), serta Padang Panjang (II MMI).

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut. BMKG juga menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca juga : Gempa M 5,0 Guncang Mamberamo Tengah, Getaran Terasa Hingga Wamena!

Meski demikian, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di laman resminya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.