Dark/Light Mode

AMANAH Bekali Anak Muda Aceh Dengan Ilmu Digital Marketing

Sabtu, 8 Juni 2024 12:32 WIB
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajarkan ilmu digital marketing dan entrepreneurship dalam pelatihan Nilam di Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK). (Foto: Ist)
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajarkan ilmu digital marketing dan entrepreneurship dalam pelatihan Nilam di Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajarkan ilmu digital marketing dan entrepreneurship dalam pelatihan Nilam di Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK). 

Pelatihan ini mencakup berbagai materi berharga, termasuk kelas digital marketing yang disampaikan dosen ekonomi di USK, Iskandarsyah Madjid. Dia memberikan wawasan mendalam tentang strategi pemasaran digital, menekankan pentingnya kemampuan menjual dalam era digital.

“Sering saya tekankan bahwa sebuah produk yang bagus tidak akan ada manfaatnya ketika kita tidak mempunyai kemampuan dalam berjualan. Teknologi sudah maju, sudah pasti bahwa mereka harus segera menguasai pemasaran dari sisi digital. Itu membuat pasar lebih luas, membuat kita lebih efisien, dan lebih banyak orang yang mengetahui produk tersebut,” kata Iskandarsyah dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

Selain itu, CEO PT. Biona Ceudah Rupa, Adinda Gusti Vonna memberikan materi tentang entrepreneurship. Adinda membahas strategi penetapan harga dan pengendalian kualitas produk, serta pentingnya segmentasi pasar untuk kesuksesan bisnis. 

Baca juga : AMANAH Fasilitasi Anak Muda Aceh Produksi Lotion Dan Sabun Cuci Dari Nilam

“Pricing itu termasuk dalam segmentasi pasar. Kalau sudah paham segmentasi pasar, kita sudah tahu mau pasarin kemana, ke siapa, dan ke daerah mana, sehingga tidak salah langkah. Quality control juga penting, karena dengan adanya quality control seperti legalitas BPOM, para UMKM ataupun start-up akan aman dalam berjualan atau menjual produk-produk secara skala besar,” ujar Adinda.

Wahyuni, S. Farm dari tim koperasi Inovac ARC juga menyampaikan materi dasar digital marketing, menambah wawasan para peserta tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka secara lebih efektif.

Pelatihan Nilam yang berfokus pada digital marketing ini memberikan kontribusi besar dalam membekali peserta dengan ilmu dan keterampilan yang esensial untuk sukses dalam dunia bisnis. Alvieonnie Niken Marahaini (19) dan Sayed Hanifuddin (28), dua peserta pelatihan, menyampaikan terima kasih mereka kepada AMANAH atas kesempatan dan pengetahuan yang telah diberikan selama pelatihan berlangsung.

“Sebenarnya karena ini hari terakhir pelatihan jadi ada sedihnya ya, karena ini tuh pelatihan yang sangat seru, yang bahkan belum pernah saya dapatkan sebelumnya di komunitas lain. Dampak positif untuk saya juga jadi percaya diri dan banyak ilmu dan teman baru,” ungkap Niken.

Baca juga : Visa Bekali Kaum Perempuan Di Asia Tenggara Dengan Keterampilan Digital

Sementara Sayed menegaskan bahwa jarang sekali ia mendapatkan pelatihan-pelatihan seperti ini. Menurut dia, melalui pelatihan-pelatihan dari berbagai macam bidang yang diadakan oleh AMANAH, anak muda Aceh dapat berkembang dan maju.

Pelatihan ini diharapkan dapat diaplikasikan dalam dunia nyata dan menjadi bekal penting bagi para peserta dalam mengembangkan usaha mereka di masa depan. AMANAH terus berkomitmen untuk memberdayakan anak muda Aceh melalui program-program pelatihan yang inovatif dan bermanfaat.

Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) untuk memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh. 

Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun di atas tanah seluas 5 hektare dengan bangunan seluas 1,9 hektare.

Baca juga : Menteri Budi Arie Ajak Sekjen DCO Majukan Ekonomi Digital Di Negara Berkembang

 AMANAH tak hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. 

Diharapkan dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi hingga pengembangan UMKM. 

Adapun 9 fungsi AMANAH antara lain, yaitu pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.