Dark/Light Mode

Dekranas Rayakan HUT ke-44 Dengan Pameran Dan Parade Budaya

Rabu, 8 Mei 2024 16:54 WIB
Dekranas Rayakan HUT ke-44 Dengan Pameran Dan Parade Budaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) akan menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 di Solo, Jawa Tengah, dari tanggal 15 hingga 18 Mei mendatang. 

Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian mengatakan, tema perayaan tahun ini adalah Tumbuh Bersama, Majukan Budaya Warisan Bangsa. 

"Mudah-mudahan peran Dekranas dapat terus membantu Pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, khususnya dari sektor kerajinan nasional, yang merupakan warisan budaya Indonesia," kata Tri dalam konferensi persnya di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jakarta, Rabu (8/5/2024). 

Baca juga : Digempur Banyak Tantangan, Peran Bea Dan Cukai Tetap Krusial

Tri menjelaskan, acara perayaan HUT Dekranas meliputi pameran kerajinan dan parade budaya yang terbuka untuk umum.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, pameran kerajinan bakal diselenggarakan di Pura Mangkunegaran dan Lapangan Pamedan Mangkunegaran. Tersedia 257 stand yang menyediakan aneka produk kerajinan dan kuliner khas.

Loemongga menjelaskan, selama pameran Dekranas juga mengadakan acara bincang-bincang mengenai kewirausahaan, pembangunan citra produk, dan tema yang lain.

Baca juga : Rayakan HUT ke-45, UBL Beri Penghargaan pada Ratusan Pegawai

Musisi kenamaan seperti Maliq & D'Essentials, Giring Ganesa, Wizzy, dan Yovie & Nuno akan dihadirkan untuk memeriahkan pameran.

"Kegiatan ini juga dihadiri para peserta Dekranas dari 38 provinsi, sehingga diharapkan bisa terjalin networking yang baik. Bisa timbul ide-ide yang bisa lebih dikembangkan dari warisan budaya ini. Baik sisi busana, kriya, dan lain-lain," jelasnya. 

Loemongga berharap acara yang diadakan untuk merayakan HUT ke-44 Dekranas bisa menjadi panggung untuk menampilkan karya-karya perajin Indonesia serta ajang untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

Baca juga : Otorita IKN Rayakan Hardiknas dengan Inovasi Pendidikan & Olimpiade Siswa Nusantara

"Kami memang berharap selain dari warga Solo Raya mungkin bisa hadir juga masyarakat yang lebih luas dari daerah Jawa Tengah. Barangkali ada yang ingin ke Solo, acara Dekranas ini bisa menjadi tujuan wisata," ujarnya. 

Sementara, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya mengungkapkan, sebanyak 100 mobil hias akan diturunkan ke jalan untuk meramaikan acara bertajuk 'Parade Bangga Kriya dan Budaya Indonesia'. 

"Ini akan menjadi penampilan akbar karena masyarakat yang datang bakal disuguhkan dengan budaya dan kriya yang secara visual khas Indonesia," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.