Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Penyakit Pasca Banjir dan Corona, Mahasiswa ITB Gelar Sosialisasi Sanitasi

Sabtu, 7 Maret 2020 13:23 WIB
Virus Corona. (Foto: net)
Virus Corona. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam BLEMBA 25 melakukan sosialisasi kesehatan dan sanitasi kepada siswa-siswi SDN Kebon Manggis 08 Pagi untuk mencegah penyakit pasca banjir dan virus corona hari ini. Kegiatan ini bekerja sama dengan Sinergi Foundation.

Dalam kegiatan BLEMBA 25 BISA juga dilakukan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut yang melibatkan para dokter gigi secara interaktif. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 tentang Blok Gigi yang menyatakan bahwa 57,6 persen penduduk Indonesia mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hanya 2,8 persen penduduk Indonesia berusia 3 tahun ke atas yang menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam. Padahal, kesehatan gigi dan mulut adalah bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga : TNI AU Lanud Maimum Saleh Gelar Sosialisasi Aturan Drone

"Kami menyasar anak-anak karena mereka memang lebih mudah diperkenalkan kebiasaan hidup sehat dan bersih, terutama menyikapi situasi pasca banjir Jakarta dan meluasnya virus corona. Terlebih, berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini masih sangat tinggi yaitu 93 persen," ujar Ketua Panitia BLEMBA 25 BISA, Meily Priliani.

Meily menambahkan, bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan BLEMBA 25 dan Sinergi Foundation terhadap agenda prioritas pemerintahan Presiden Jokowi, yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Menurutnya, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan menjaga kesehatan.

Baca juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, MRT Sediakan Hand Sanitizer di Tiap Stasiun

Kepala Sekolah SDN Kebon Manggis 08, Marrifah, mengatakan, apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat bersyukur atas kepedulian para mahasiswa ITB terhadap sekolah kami. Acara ini memberi wawasan bagi para siswa, betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. Semoga kegiatan serupa dilakukan pihak lain dan dapat bermanfaat bagi warga yang lebih luas,” ujarnya.

Meily berharap, para siswa-siswi SDN Kebon Manggis 08 dapat menjadikan ini sebagai kebiasaan sehingga kualitas hidup mereka menjadi lebih baik di masa depan. Selain sosialisasi kesehatan, BLEMBA 25 juga menggelar kelas inspiratif yang memberi motivasi dan sejumlah pelatihan bagi guru dan murid, donasi kebutuhan sehari-hari maupun perlengkapan kesehatan termasuk sikat gigi dan odol, dan lainnya. Dalam melaksanakan kelas inspiratif dan penyaluran donasi, BLEMBA 25 bekerja sama dengan Sinergi Foundation.

Baca juga : Dua WNI Kena Corona, Muhadjir Minta Masyarakat Tidak Panik

"Saya sepakat dengan sebuah ungkapan Latin yang menyatakan, mens sana in corpore sano: di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat," tutup Meily. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.