Dark/Light Mode

Antisipasi Corona, Pertamedika IHC Siapkan Tim Gerak Cepat Dan 64 Rumah Sakit BUMN

Rabu, 11 Maret 2020 13:58 WIB
Peragaan penggunaan alat perlindungan diri oleh Tim Rumah Sakit Pertamina/Pertamedika IHC
Peragaan penggunaan alat perlindungan diri oleh Tim Rumah Sakit Pertamina/Pertamedika IHC

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menyiagakan 64 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat mengatakan, rumah sakit BUMN yang tersebar tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan di daerah.

“Termasuk melakukan koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan dan rumah sakit yang menjadi rujukan nasional,” katanya.

Baca juga : KAI Sterilisasi Kereta dan Siapkan Rail Clinic

Selain itu, ruang isolasi dengan tekanan negatif juga sudah disiapkan di seluruh jaringan rumah sakit BUMN. Teknologi tekanan negatif ini akan mencegah udara dalam ruangan isolasi mengontaminasi udara di luar ruangan, sehingga penyakit tidak bisa menyebar melalui udara.

Pihaknya juga sudah membekali alat perlindungan diri (APD) bagi dokter dan perawat yang bertugas. Di antaranya gown biohazard/apron long sleeves, head cap disposable, masker N95, safety goggle, sarung tangan dan juga sepatu boot.

Perusahaan pelat merah di bidang layanan kesehatan ini turut menyiapkan tim gerak cepat untuk mengidentifikasi dan mencegah penyebaran penyakit corona. 

Baca juga : Antispasi Wabah Corona, Pemprov DKI Hentikan Sementara Event atau Kegiatan Massal

Tim ini nantinya akan melakukan tracking persebaran virus corona dengan cepat sehingga virus bisa dikendalikan.

Fathema juga menekankan pentingnya edukasi terkait Covid-19 kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk meredam berita hoaks maupun stigma yang beredar di masyarakat.

Langkah Pertamedika IHC sejalan dengan instruksi yang diberikan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Baca juga : Antisipasi Wabah Corona, KAI Siapkan Kereta Kesehatan

Erick meminta BUMN yang memiliki layanan rumah sakit segera bergerak cepat mengantisipasi persebaran Covid-19.

Erick mengatakan, pihaknya mendorong BUMN agar proaktif dan serius membantu pemerintah memberikan dukungan untuk melindungi masyarakat terhadap persebaran Covid-19. 

“Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama. Percayalah, bersatu selalu menguatkan kita,” ujar Erick. [WHY] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.