Dark/Light Mode

Antisipasi Covid-19

Bandara-bandara PT Angkasa Pura II Terapkan Social Distancing Bagi Penumpang Pesawat

Rabu, 18 Maret 2020 06:33 WIB
Penerapan social distancing di jalur check bandara PT Angkasa Pura II. (Foto: Humas AP II)
Penerapan social distancing di jalur check bandara PT Angkasa Pura II. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) menerapkan konsep pembatasan sosial atau social distancing di bandara-bandara yang dikelola perseroan guna mencegah penularan Covid-19.

Implementasi social distancing dilakukan dengan mengoptimalkan ruang yang ada di terminal, untuk menciptakan jarak yang dianjurkan bagi penumpang pesawat. Khususnya, di area-area tempat berkumpulnya penumpang pesawat.

Contoh penerapan social distancing itu antara lain melalui penempelan sejumlah garis kuning, di lantai yang masing-masing berjarak 1 meter sebagai penanda batas antrian bagi penumpang pesawat.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, Bandara-bandara AP II Terapkan Social Distancing Bagi Penumpang Pesawat

“Adanya garis kuning itu membuat setiap penumpang berdiri dengan jarak yang aman di setiap titik-titik antrian agar meminimalir risiko penyebaran Covid-19,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Social distancing di kursi ruang tunggu bandara (Foto: Humas AP II)

Garis kuning tersebut antara lain ditempel di lantai menuju pos pemeriksaan keamanan (security check point/SCP), serta di lantai fixed bridge dan garbarata guna memisahkan jarak penumpang saat antrian ketika proses naik pesawat (boarding).

Selain itu, di setiap lift di terminal penumpang juga telah diberi batas berdiri bagi masing-masing individu. Ketika berada di dalam lift, setiap individu dilarang bertatap muka langsung atau wajib menghadap ke dinding dan pintu lift.

Baca juga : Pertamina Pastikan Stok BBM di Maluku dan Ambon Aman

PT Angkasa Pura II juga menata kursi di ruang tunggu (boarding lounge), dengan mengutamakan jarak yang cukup di antara penumpang.

“Penerapan social distancing melalui garis kuning pembatas antrean, lalu adanya batas berdiri di lift, dan pengaturan kembali kursi di boarding lounge itu sudah diterapkan di bandara-bandara kami seperti Soekarno-Hatta, Depati Amir Pangkalpinang, Supadio Pontianak, Kualanamu, Banyuwangi, dan lain sebagainya," jelas Awaluddin.

“Kami melakukan berbagai upaya yang memungkinkan untuk diterapkan di bandara-bandara, sehingga penyebaran Covid-19 ini dapat dicegah,” imbuhnya.

Baca juga : Angkasa Pura I Terapkan Sistem Kerja Dari Rumah

Penerapan social distancing di terminal ini merupakan upaya terbaru PT Angkasa Pura II dalam mencegah penyebaran Covid-19, selain yang sudah dilakukan seperti penyemprotan cairan disinfektan, penyediaan banyak hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh penumpang pesawat, dan lain sebagainya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.