Dark/Light Mode

Jenderal Bintang Dua Ini Pimpin RS Darurat Corona

Kamis, 26 Maret 2020 13:15 WIB
Pandam Jaya, Mayor Jenderal Eko Margiyono. (Foto: ist)
Pandam Jaya, Mayor Jenderal Eko Margiyono. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima Komando Daerah Militer Jaya (Pangdam Jaya), Mayor Jenderal Eko Margiyono mendapatkan tugas untuk memimpin Rumah Sakit (RS) Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Pada kesempatan ini saya Pangdam Jaya dapat tugas memimpin Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," kata Eko, saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Baca juga : Haedar Nashir: Bangsa Indonesia Kehilangan Sosok Ibunda Jokowi

Eko menjelaskan, pemerintah memutuskan Wisma Atlet menjadi RS darurat karena terjadi lonjakan pasien positif virus corona. Sementara, rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan memiliki kapasitas yang minim untuk merawat pasien positif virus corona.

"Karena dari hasil simulasi Forkompida DKI karena Jakarta paling banyak skenario terburuknya mencapai 6000-8000 pasien positif," ujarnya.

Baca juga : Jerman Perpanjang Tunda Bundesliga Hingga 30 April

Melihat skenario terburuk itu, Eko menyebut pemerintah akhirnya menyulap Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat virus corona. Ia menyatakan sejumlah pihak terlibat untuk menyiapkan sarana dan prasarana RS darurat di Wisma Atlet itu.

"Banyak pihak dilibatkan di RS ini terdiri dari beberapa instansi, baik itu Kemenkes Kemen PUPR BUMN, TNI, Polri dan relawan," katanya.

Baca juga : Kejaksaan Kawal Revisi APBD Untuk Penanganan Corona

Jenderal bintang dua itu menyatakan RS Darurat corona itu sudah beroperasi sejak 23 Maret. Sampai hari ini, sudah terdapat 208 pasien terpapar virus corona yang tengah dirawat di Wisma Atlet. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.