Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Rapid Test Covid-19, 500 Praja IPDN Dinyatakan Negatif

Kamis, 2 April 2020 17:57 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo (batik merah) melakukan rapid test covid-19, di kampus IPDN di Jatinangor, Kamis (2/4). (Foto: Istimewa)
Rektor IPDN Hadi Prabowo (batik merah) melakukan rapid test covid-19, di kampus IPDN di Jatinangor, Kamis (2/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melaksanakan rapid test Covid-19 bagi seluruh civitas academika dan praja IPDN, baik di kampus pusat maupun kampus daerah.

Rapid test di Kampus Jatinangor dilaksanakan pada tanggal 2-14 April 2020 dan kampus-kampus daerah dimulai tanggal 8 April 2020. 

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, rapid test di Kampus Jatinangor dilakukan kepada 1.293 orang ASN dan 3.800 orang praja, yang dibagi secara bertahap yakni 500 orang perhari.

"Pelaksanaan tes ini terlaksana berkat bantuan 2.374 rapid test kit dari Gubernur Jawa Barat sedangkan untuk petugas medis, IPDN bekerja sama dengan Laboratarium Klinik Kimia Farma Bandung sebanyak 26 orang tenaga medis," kata Hadi, di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Kamis (2/4).

Baca juga : DPP Golkar Salurkan APD Untuk Para Medis

Selanjutnya, untuk memenuhi kekurangan rapid test kit dilakukan pengadaan secara mandiri menggunakan anggaran IPDN.

Adapun total civitas academika dan praja IPDN kampus daerah yang akan melakukan rapid test yakni sejumlah 1.145 orang ASN dan 2.316 orang praja.

Tapi, rapid test tersebut akan dibagi dalam beberapa tahap. Rapid test pada hari pertama dan didapatkan hasil yakni sebanyak 500 orang civitas academika dan praja dinyatakan negatif Covid-19. 

Hadi menjelaskan, pelaksanaan rapid test di lingkungan Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagro) ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan Covid -19 di lingkungan IPDN. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang ditindaklanjuti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga : Alhamdulillah, 9 PDP Covid-19 di Magelang Dinyatakan Sembuh

Hadi menjabarkan prosesnya, civitas academika dan praja yang akan melakukan rapid test Covid-19, pertama-tama di data identitasnya seperti nama, riwayat penyakit berat dan riwayat perjalanan terakhir, kemudian dilakukan pengecekan suhu dan pengambilan sampel darah yang nantinya akan diuji laboratorium langsung oleh tim kesehatan. 

IPDN juga gencar melakukan beberapa upaya pencegahan Covid 19, diantaranya yakni penundaan seluruh kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa di lingkungan IPDN, penyesuaian sistem kerja pegawai, isolasi mandiri untuk seluruh praja IPDN kampus pusat dan daerah dengan tetap tinggal di kampus IPDN mulai tanggal 15 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Sekolah kepamongprajaan juga tidak menerima tamu dari pihak luar yang masuk ke lingkungan kampus IPDN, pemberian vitamin dan masker kepada seluruh civitas academica dan praja, pengecekan suhu badan, penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan kampus IPDN secara berkala.

Selain itu juga diadakan foging, pemberian hand sanitizer di seluruh ruangan yang ada di Kampus IPDN serta menyediakan bilik-bilik penyemprotan cairan disinfektan di setiap kampus. 

Baca juga : Jokowi Pastikan, RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang Bisa Dipakai Senin Depan

Upaya pencegahan Covid -19 juga dilakukan di IPDN kampus daerah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kampus. 

"Berdasarkan hasil rapid tes hari ini terhadap 500 orang civitas academika dan praja dinyatakan negatif Covid 19, diharapkan untuk hari-hari berikutnya semua hasilnya negatif, karena sejauh ini kami sudah melakukan upaya penanggulangan Covid-19 dengan semaksimal mungkin, sesuai protokol upaya pencegahan Covid 19 yang diinstruksikan pemerintah," pungkas Hadi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.