Dark/Light Mode

“Unhan Peduli” Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Wabah Covid-19

Selasa, 21 April 2020 22:26 WIB
Rektor Unhan, Laksamana Muda Amarulla Octavian, saat menyerahkan bantuan nasi kotak ke masyarakat yang membutuhkan di di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (21/4). (Foto: Dok. Unhan)
Rektor Unhan, Laksamana Muda Amarulla Octavian, saat menyerahkan bantuan nasi kotak ke masyarakat yang membutuhkan di di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (21/4). (Foto: Dok. Unhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud tridharma perguruan tinggi di tengah pandemi wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Rektor Unhan, Laksamana Muda Amarulla Octavian, bersama segenap civitas akademika Unhan membantu masyarakat terdampak pandemi wabah Covid-19 dalam bentuk pemberian makanan siap saji di 10 lokasi, di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok.

Di setiap lokasi, masyarakat yang membutuhkan memperoleh rata-rata 550 kotak nasi dengan menu sehat dan bergizi. Program “Unhan Peduli” sudah diselenggarakan sejak 4 hari lalu dan akan terus berlangsung selama Ramadhan sampai dengan Hari Raya Idul Fitri 2020. 

Baca juga : Basarah: Waspadai Gangguan Keamanan di Tengah Pandemi Covid-19

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhan didampingi Kepala Biro Umum Unhan Brigjen TNI Susilo Adi Purwantoro, berkempatan memimpin langsung penyerahan makanan siap saji di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Menurut Rektor, program “Unhan Peduli” sebagai salah satu bentuk kepedulian civitas akademika Unhan kepada masyarakat terdampak pandemi wabah Covid-19 sekaligus berupaya mengedukasi masyarakat agar benar-benar mau tinggal di rumah saja sesuai imbauan pemerintah, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Program “Unhan Peduli” juga memberdayakan banyak warung makan di sekitar lokasi sebagai penyedia nasi kotak. Dengan demikian, ada dua manfaat yang dapat dirasakan masyarakat. Yaitu membantu masyarakat secara langsung sekaligus mendorong roda ekonomi mikro agar tetap dapat bertahan selama pandemi wabah Covid-19.

Baca juga : DPR: KPI dan Dewan Pers Perlu Dorong Konten Positif di Tengah Pandemi Covid-19

Pembagian nasi kotak kepada masyarakat dibantu Lurah, RW, RT setempat, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), serta aparat terkait. Pembagian nasi dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing (pembatasan fisik) dan social distancing (pembatasan sosial). Diharapkan program “Unhan Peduli” dapat diikuti universitas dan perguruan tinggi lain seluruh Indonesia mendukung upaya pemerintah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.