Dark/Light Mode

Trisakti Gelar Upacara Peringatan Gugurnya Mahasiswa Tragedi 12 Mei 1998 Secara Virtual

Selasa, 12 Mei 2020 15:03 WIB
Univeritas Trisaksi (Foto: Istimewa)
Univeritas Trisaksi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap tahun, Universitas Trisakti menggelar upacara peringatan gugurnya mahasiswa Trisaksi di Tragedi 12 Mei 1998. Namun, peringatan tahun ini digelar berbeda. Karena secara ada pandemi Covid-19, peringatan dilakukan secara virtual. Hanya ada beberapa orang di lapangan upacara.

Rektor Trisaksi Prof Ali Ghufron bertindak sebagai Pembina upacara. Dalam sambutannya melalui virtual, Ghufron mengatakan, meskipun pelaku penembakan dan tokoh intelektul belum terungkap, segenap aktivis dan akademika Trisakti akan terus berusaha mengupayakan menyelesaikan permasalan ini. 

Baca juga : MPR Siap Gelar Sidang Tahunan dan Pidato Kenegaraan Presiden Secara Virtual

"Kita terus berupanya untuk mencari keadilan dengan berbagai cara tanpa menghilangkan semangat reformasi yaitu memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme di Indonesia sebagaimana yang di cita-citakan mahasiswa yang gugur tersebut," jelas Ghufron.

Presiden Mahasiswa Trisakti Dinno Ardiansyah mengatakan, peringkat upacara Tragedi 12 Mei saat ini berbeda di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Meskipun Peringatan 12 Mei dilakukan sebagian secara virtual, namun kami terus berjuang melanjutkan tuntutan. Mulai dari penuntasan kasus dan pemberian gelar pahlawan reformasi pada mahasiswa yang gugur serta adanya perhatian kesejahteraan terhadap keluarga korban," ungkapnya.

Baca juga : PSBB, Kemenag Siap Gelar Manasik Haji Secara Virtual

Pemberian gelar pahlawan reformasi, lanjut Dinno, masih terkendala administrasi. Yaitu rekomendasi dari Pemda, dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta melalui Dinas Sosial. “Kami berharap rekomendasi tersebut dapat keluar tahun 2020 ini. Dengan memperingatan 22 tahun tragedi 12 Mei, kami mengajak generasi muda untuk melakukan perubahan lebih baik demi Indonesia tercinta ini,” pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.