Dark/Light Mode

Ultah ke-78, JK Rayakan Tanpa Perayaan

Sabtu, 16 Mei 2020 05:01 WIB
Jusuf Kalla. (Foto: ist)
Jusuf Kalla. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla genap berusia 78 tahun. Alasan pandemi corona, tahun ini JK tidak merayakan ulang tahunnya. Meskipun tanpa perayaan, ucapan doa tetap mengalir dari kerabat dan warga dunia maya.

Di kediaman JK, karangan bunga terus berdatangan dari para pejabat maupun mantan pejabat. Mulai dari Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian beserta Istri Tri Tito Karnavian, Surya Paloh dan keluarga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandio. Eks Menpan RB Syafrudin dan Yudhi Chrisnandi hingg pejabat BUMN.

Tak sedikit pula ucapan selamat yang disampaikan pada JK lewat telepon langsug maupun pesan singkat. Termasuk di akun Instagram pribadi Ketua Palang Merah Indonesia tersebut. 

Staf Khusus JK, Husain Abdullah mengapresiasi semua ucapan yang dikirimkan kolega. Namun dia menyampaikan, tahun ini tidak ada perayaan ulang tahun. Salah satu alasannya, yakni  guna mematuhi protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah menghadapi Covid-19.

Baca juga : Kemenpora Ajak Masyarakat Tetap Berolahraga

"Pak JK tidak menggelar acara ulang tahun seperti tahun-tahun sebelumnya yang spontan dihadiri sahabat-sahabat Pak JK, setiap tanggal 15 Mei. Hal itu terpaksa dilakukan demi menghindari kerumunan dan mematuhi protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," kata Husain dalam keterangan resminya, Jumat (15/5).

Tanpa mengurangi rasa hormat, JK menyampaikan terima kasih atas dukungan, doa serta ucapan selamat dari para kolega, sahabat, dan keluarga. Husain mengatakan JK sangat mengapresiasi ucapan selamat yang disampaikan sahabat dan keluarga melalui telepon, aplikasi Whatsapp, media sosial, maupun media lainnya.

"Salam hangat dari Pak JK. Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan kemenangan menghadapi wabah Covid-19 serta meraih kemenangan di bulan suci Ramadhan," ungkap Husain.

Sikap JK yang meniadakan perayaan direspon positif oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Achmad Yurianto. Menurutnya, sikap Ketua Dewan Masjid Indonesia itu patut diteladani. "Jelas sikap  yang baik," jujur Yuri saat dikontak Rakyat Merdeka, kemarin. 

Baca juga : Mahathir Melawan, Muhyiddin Digoyang Mosi Tak Percaya

Selain Yuri, perwakilan pemerintah yang merespon sikap positif JK yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Semua orang tahu, JK dikenal sangat piawai dalam mencari jalan keluar terhadap suatu persoalan. Beliau layak diberi julukan Sang Pemberi Jalan Keluar (the solution giver).

"Selamat panjang umur Pak JK. Semoga selalu sehat walafiat, selalu menjadi inspirasi dan tauladan untuk generasi muda Indonesia," doa Muhadjir kepada Rakyat Merdeka. 

Di lini massa, akun media sosial JK dibanjiri ucapan selamat milad. "Selamat Ulang Tahun ke 78 Pak @jusulkalla. Semoga panjang usia dan sehat selalu untuk terus menjadi energi  yang menyehatkan, menentramkan, dan memakmurkan negeri," kata akun instagram @ferrymbaldan.

Dari perwakilan perempuan ada istri dari Wakil Ketua MPR Syarif Hasan, Ingrid Kansil. "Menghaturkan Milad saeid mubarak ke 78 th Yth Bapak @Pak_JK Alhamdulillah wa syukurillah, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan jiwa dan raga, serta keberkahan yang luar biasa. Iman islam yang makin kuat dan selalu tak berhenti untuk berbuat baik pada sesama,Aamiin," ucap Ingrid melalui akun twitter @ingrid_kansil.

Baca juga : Anies Dinodai Tiga Menteri

Warganet lainnya, juga turut mengucapkan selamat ultah pada JK. "Met Ultah Pak JK, diberkati dan sudah menjadi berkat bagi bangsa ini.." cuit akun @KSamonsabra. "Barakallah fii umrik Pak JK," sambung akun @ehcahyono. "Tentunya tidak ada perayaan seperti thn2 sblumnya. Karena kita juga lagi PSBB. Tetap sehat selalu Pak JK," timpal akun @ve_aishiteru.

Tahun 2019 lalu, saat JK masih menjabat sebagai Wapres, kala itu masih ada perayaan ulang tahunnya. JK mendapat kejutan di usianya ke-77 oleh staf dan kerabat dekat di Lobi Hotel Beau Rivage Geneve, Swiss. Saat itu, kebetulan JK sedang ada lawatan di Swiss. 

JK juga mendapat kue ulang tahun yang diserahkan Kepala BNPB, Letnan Jenderal Doni Monardo. Kue ulang tahun ini disajikan di atas sepotong kayu asli yang masih lengkap dengan kulit kayunya. Selain itu, JK menerima video call dari cucunya yang mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-77. Seusai syukuran ulang tahun, JK menyampaikan terima kasih atas kejutan yang diberikan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.