Dark/Light Mode

Gelar Kuliah Kerja IPTEK

Komandan Seskoau Ajak Pasis Angkatan 57 Terus Berkarya Kembangkan Alutsista

Rabu, 10 Juni 2020 20:11 WIB
Komandan Seskoau Marsma TNI Samsul Rizal saat memberi sambutan di acara Kuliah Kerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KK IPTEK) di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Bandung, Rabu (10/6). (Foto: Puspen TNI)
Komandan Seskoau Marsma TNI Samsul Rizal saat memberi sambutan di acara Kuliah Kerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KK IPTEK) di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Bandung, Rabu (10/6). (Foto: Puspen TNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan ke-57 mengadakan Kuliah Kerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KK IPTEK). Kegiatan ini untuk mengenal industri pertahanan nasional.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Bandung. Acara digelar selama dua hari, 10-11 Juni 2020. Tema yang diambil “Peningkatan Kemampuan Industri Pertahanan Nasional Menuju TNI AU dan Indonesia Maju Melalui Penguasaan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Militer”.

Baca juga : Kementan Ajak Masyarakat Berperan Dalam Keamanan Pangan Asal Hewan

Komandan Seskoau Marsma TNI, Samsul Rizal, dalam sambutannya berharap, meskipun dalam kondisi serba terbatas karena pandemi Covid-19 dan menyesuaikan tatanan pola kehidupan yang baru (new normal), semangat civitas akademika Seskoau khususnya Pasis Seskoau Angkatan Ke-57, tidak pernah surut menciptakan karya-karya terbaik dalam mewujudkan kemandirian Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI.

“Teruslah berkarya untuk menghasilkan ide dan gagasan yang bernilai strategis dan kritis sebagai sumbangsih pemikiran perwira siswa menjadi bahan masukan penentu kebijakan pimpinan di bidang pertahanan nantinya,” katanya.

Baca juga : Dubes China Klaim Kerja Sama Indonesia-Tiongkok Benar-Benar Untungkan Kita

Ia berpendapat, diundangnya para stakeholder dalam kegiatan ini adalah sebuah kesempatan emas untuk saling berbagi informasi, knowledge transfer, dan meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan. Sehingga, dengan adanya kerja sama yang baik dalam merumuskan gagasan strategis, akan turut meningkatkan kemampuan industri pertahanan nasional menuju TNI AU dan Indonesia Maju serta sumber daya manusia yang unggul.

"Jadi, manfaatkan secara maksimal acara ini. Berdiskusilah secara aktif dan bertukar pikiran agar hasil kuliah kerja ini menjadi sumbangsih yang bernilai strategis untuk memberikan saran masukan bagi kebijakan pimpinan kedepan,” ujarnya.

Baca juga : MPR Ajak Jadikan Momentum Bersama Melawan Covid-19

Adapun stakeholder yang turut berpartisipasi antara lain perusahaan luar negeri terdiri atas PT. Lockheed Martin dari USA, PT. ELTA System dan PT. Elbit System dari Singapura, sedangkan perusahaan dalam negeri yaitu PT. Garuda Maintenance Facility, PT. Merpati Maintenance Facility, PT. Infoglobal, PT. LEN, PT. FIN Komodo Teknologi, dan PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa serta perusahaan lainya yang bergerak di bidang pertahanan.

Sementara, kuliah kerja yang dilaksanakan secara daring ini diikuti juga oleh Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, Atase Udara Amerika Serikat Kolonel Brian McCullough, para Direktur dan Kepala Departemen, Dosen, Perwira Penuntun Seskoau, Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 di Gedung Pusoyu, Widya Mandala I dan Widya Mandala II Seskoau. Dalam pelaksanaanya kegiatan ini tetap memperhatikan physical distancing untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.