Dark/Light Mode

Jepara Diguncang Gempa M6.1, Tak Berpotensi Tsunami

Selasa, 7 Juli 2020 06:59 WIB
Jepara Diguncang Gempa M6.1, Tak Berpotensi Tsunami

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7) pukul 05.54 WIB.

Melalui akun Twitter-nya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa tersebut berlokasi di 6.12 Lintang Selatan, 110.55 Bujur Timur. Jaraknya, 53 km Barat Laut Jepara.

Baca juga : Boven Digoel Digoyang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG meyakini, gempa berkedalaman 578 km itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut dirasakan dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Yogyakarta, III Mataram, III Purworejo, III Kuta, II-III Denpasar, II-III Kebumen, II Banjar Negara, II Cilacap, II Boyolali, II Krui, II Pesisir Barat, II Pangandaran, II Tanggamus, II Gianyar, dan II Pekalongan. 

Baca juga : Samsung Super Smart, Tidak Sekedar Nonton TV

Dalam gempa berskala III MMI, getaran terasa nyata di dalam rumah. Terasa getaran, seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan dalam gempa berskala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda yang digantung, bergoyang. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.