Dark/Light Mode

Disentil NU dan Muhammadiyah

Mas Nadiem Tak Ada Yang Bela

Jumat, 24 Juli 2020 06:54 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Sementara majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasemen) Pengurus Pusat Muhammadiyah juga menyatakan mundur dari program itu dengan alasan serupa; tidak jelasnya pemilihan ormas yang ditetapkan lolos evaluasi proposal.

“Tidak membedakan antara lembaga CSR (Corporate Social Responsibility) yang sepatutnya membantu dana pendidikan dengan organisasi masyarakat yang berhak menda pat kan bantuan dari pemerintah,” ujar Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Kasiyarno.

Baca juga : Pengamat: Sikap Marah-marah M Nasir Tak Etis

Mundurnya kedua lembaga pendidikan ormas islam raksasa itu berbuntut kecaman terhadap Nadiem. Wakil Ketua MPR, Muhaimin iskandar mengatakan, Nadiem tidak paham pengabdian NU dan muhammadiyah dalam dunia pendidikan Tanah air. “Saya juga minta Mendikbud untuk belajar sejarah pengabdian NU dan Muhammadiyah kepada pendidikan. Saya protes!” tulis Cak imin lewat akun Twitternya, kemarin.

Wakil Ketua MPR lainnya, Hidayat Nur Wahid, menuding Nadiem mengabaikan peran besar Muhammadiyah dan NU dalam bidang pendidikan. Menurutnya, hal itu pantas dikritisi dan ditolak. “Bukan sekadar masalah anggarannya,” tegasnya.

Baca juga : Bandara Haji Muhammad Sidik di Kalteng Bakal Diresmikan Jokowi

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyesalkan mundurnya NU dan Muhammadiyah dari POP Kemendikbud. apalagi, dia juga mendengar informasi, PGRI juga akan mundur dari program tersebut. “Kalau kelembagaan ini mun dur, saya merasa program ini kehilangan legitimasinya,” katanya, kemarin.

Untuk mengetahui kisruh soal dana hibah ini, Komisi X pun berencana memanggil Nadiem serta Sampoerna dan Tanoto.

Baca juga : Dosen, Peneliti dan Mahasiswa Ethiopia Ingin Belajar di Indonesia

Kemendikbud menghormati keputusan NU dan Muhammadiyah. “Kemendikbud terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak,” ujar Kepala Biro Humas dan kerjasama Kemendikbud Evy Mulyani, normatif. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.