Dark/Light Mode

Sebut Ada 5 Kepala Daerah Sudah Pemanasan Nyapres

Tjahjo Lempar Bola Panas

Rabu, 12 Agustus 2020 07:44 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo (tengah). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo (tengah). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, melempar bola panas. Dia menyebut, ada 5 kepala daerah yang sudah mulai “investasi” untuk Pilpres 2024.

Tjahjo mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara Webinar bertajuk “Menjaga netralitas ASN di Pilkada 2020”, Senin (10/8). “Ada lima kepala daerah yang sudah mempersiapkan diri untuk berkontestasi pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Baca juga : Kata Pendukungnya, Anies Tak Tergiur Jadi Presiden

Salah satu persiapan yang dilakukan lima kepala daerah tersebut adalah membuat kebijakan, keputusan, dan pernyataan yang terukur dengan rapi. “Itu untuk investasi capres atau cawapres,” imbuh politisi PDIP itu.

Menurut Tjahjo, hal itu tak jadi masalah. asalkan, tidak mengganggu pengambilan keputusan dan kebijakan. Dia juga berharap, investasi yang dilakukan para kepala daerah itu tidak menyebabkan netralitas ASN di bawah para kepala daerah itu terganggu. Tjahjo tak menyebut siapa saja kepala daerah itu. Yang dia sebut, kelimanya adalah gubernur.

Baca juga : Ada Anak Presiden, Ada Istri Bupati

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menebak, kelima Gubernur itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan satu lagi, dari luar Pulau Jawa. “Siapa yang di luar Pulau Jawa? Saya melihat posisinya relatif masih sama semua. Yang menonjol ya empat gubernur di Pulau Jawa itu,” ujar Emrus kepada Rakyat Merdeka, semalam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.