Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Kualitas SDM

Urgensi Kolaborasi untuk Majukan Pendidikan Nasional

Senin, 17 Agustus 2020 14:45 WIB
Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)
Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci pembangunan di Indonesia. Kemajuan bangsa bergantung pada kemajuan sektor pendidikan yang menghasilkan SDM yang berdaya saing. Peningkatan kualitas SDM pun menjadi fokus kebijakan pemerintah. Berkaitan peringatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah mengusung tema Indonesia Maju.

Demikian disampaikan Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Misbah Fikrianto. “Dalam rancangan APBN 2021, kita melihat sektor pendidikan tetap menjadi prioritas yang harus direalisasikan ke arah perubahan positif yang terjadi di masyarakat. Salah satu kebijakan Merdeka Belajar; Kampus Merdeka, memberikan hak selama 3 semester ke mahasiswa di luar program studinya. Kampus Merdeka mendorong terjadi kolaborasi dan integrasi yang baik antarperguruan tinggi di Indonesia,” ucap Misbah.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi ada contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa. Di antaranya: magang, pertukaran pelajar, wirausaha, proyek desa, proyek independen, dan penelitian.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Kader, Airlangga Dirikan Golkar Institut

Harapannya, kata Misbah, perguruan tinggi dapat mendorong mahasiswanya lebih kreatif dan inovatif untuk mengikuti berbagai kegiatan. Semua aktivitas kemahasiswaan dapat diusulkan untuk dikonversi ke dalam SKS mata kuliah. “Semakin mahasiswa mendapatkan pengalaman, semakin berdaya saing SDM di Indonesia. Lulusan perguruan tinggi harus memiliki banyak pengalaman, jaringan, dan kemampuan kolaborasi yang baik,” terangnya.

Perguruan tinggi terus menerapkan kebijakan Merdeka Belajar; Kampus Merdeka, mulai dari mahasiswa baru sampai kepada lulusan perguruan tinggi. Penerapan tersebut menjadi bukti bahwa terjadi perubahan pada proses pendidikan tinggi yang ada.

Prestasi Mahasiswa
Misbah menyatakan, pencapaian-pencapaian prestasi yang dilakukan melalui kegiatan daring sangat banyak dan meningkatkan kreativitas. Banyak prestasi mahasiswa yang diunggulkan dalam berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional. Peningkatan prestasi tersebut terus dilakukan sepanjang tahun.

Baca juga : Rahasia Sukses Angkasa Pura I Raih Pengakuan Internasional

Pada 2020, sejumlah kompetisi dan lomba untuk mahasiswa tetap dilaksanakan, yang tentunya mengalami penyesuaian untuk mencegah penyebaran Covid-19, baik dari sisi waktu, metode, maupun pelaksanaannya. Beberapa kegiatan baru dilaksanakan pada seleksi tahap satu, seperti pemilihan mahasiswa berprestasi, seleksi wilayah untuk Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, National University Debate Championship, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa, dan kegiatan lainnya masih dalam tahap pendaftaran.

Peningkatan prestasi mahasiswa menjadi salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2PT). Kebijakan tersebut sangat positif dan mendukung proses pencapaian prestasi melalui kompetisi/lomba-lomba/festival. Pada kegiatan kompetisi di jenjang pendidikan tinggi, proses perbaikan, akurasi, dan penambahan jenis kompetisi terus dilakukan.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 46 tahun 2019 tentang Rincian Tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu tugas Pusat Prestasi Nasional yaitu melaksanakan kompetisi akademik dan nonakademik, pencarian minat, bakat, prestasi peserta didik, melaksanakan pemberian penghargaan kepada satuan pendidikan dan peserta didik yang berprestasi, dan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, bagaimana layanan Pusat Prestasi Nasional dapat terus meningkat, terjadi perubahan, dan pengembangannya lebih luas lagi,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.