Dark/Light Mode

Rajin Bekali SDM

Rahasia Sukses Angkasa Pura I Raih Pengakuan Internasional

Sabtu, 15 Agustus 2020 11:16 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Vice President Incheon International Airport Corporation (IIAC) Lim Byung Kee usai penandatangan perjanjian kerjasama di bidang pelatihan pegawai kebandarudaraan dengan Incheon Internasional Airport Corporation (IIAC) di Pelataran Menteng, Jakarta. (Dok : Humas Angkasa Pura I)
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Vice President Incheon International Airport Corporation (IIAC) Lim Byung Kee usai penandatangan perjanjian kerjasama di bidang pelatihan pegawai kebandarudaraan dengan Incheon Internasional Airport Corporation (IIAC) di Pelataran Menteng, Jakarta. (Dok : Humas Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) diketahui rajin membekali sumber daya manusia (SDM). Langkah itu untuk menjaga pelayanan agar maksimal kepada para pengguna bandara yang dikelolanya.

Alhasil perseroan mendapatkan pengakuan dunia. Direktur Utama angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, sebagai perusahaan yang diamanahkan mengelola bandara maka sudah seharusnya memberikan layanan berskala global pada aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan agar dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

"Pengelolaan SDM yang unggul ini menjadi misi dan nilai perusahaan," ujar Faik dalam keterangan persnya, Sabtu (15/8).

Untuk menciptakan SDM yang unggul, Angkasa Pura I secara konsisten mengembangkan kompetensi SDM melalui kerja sama pelatihan kebandarudaraan dengan salah satu pengelola bandara terbaik di dunia yaitu Incheon International Airport Corporation (IIAC) sejak 2018.

Baca juga : Angkasa Pura I Kembangkan Bandara Dan Pariwisata Di Indonesia

Program pelatihan kebandarudaraan ini meliputi pelatihan mengenai airport operations and management, airport commercial, airport customer satisfaction, airport human resource management, dan hal terkait operasional bandara lainnya.

SDM bermental unggul terus dijaga. Menurut dia itu merupakan salah satu nilai perusahaan di mana karyawan didorong untuk menjaga antusiasmenya dalam belajar dan meningkatkan daya saing perusahaan.

"Melalui antusiasme yang tetap terjaga, maka kinerja unggul dan pelayanan prima yang dilakukan pada akhirnya mendatangkan pengakuan dan apresiasi dari para pemangku kepentingan, bahkan lembaga prestisius di bidang kebandarudaraan tingkat dunia sekalipun," ujar Faik.

Bandara-bandara Angkasa Pura I secara konsisten meraih penghargaan prestisius dunia pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards, yang merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Baca juga : Lark Berikan Kiat Sukses Bagi UMKM di Masa Pandemi

Misalnya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang meraih penghargaan ASQ Awards 2018 pada 4 kategori, yaitu;

1. “Best Airport by Size and Region (5-15 million passengers per year in Asia-Pacific)”. Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

2. “Best Environment and Ambience by Size (5-15 million passengers per year)”. Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

3. “Best Customer Service by Size (5-15 million passenger per year)”. Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Baca juga : Protokol Kesehatan Angkasa Pura I Diapresiasi Dua Menteri

4. “Best Infrastructure and and Facilitation by Size (5-15 million passenger per year)”. Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali langganan dianugerahi penghargaan sejak 2015 pada ajang yang sama. Pada ASQ Awards 2017 yang diumumkan Maret 2018 lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih penghargaan pada 3 kategori.

Tiga kategori yaitu The Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year, 1st place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year, dan 2nd place Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year). Begitu Bandara Juanda Surabaya yang meraih penghargaan The 3rd place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year pada ajang yang sama tahun 2017. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.