Dark/Light Mode

Tak Berpotensi Tsunami

Gempa M6,9 Guncang Larantuka, NTT

Jumat, 21 Agustus 2020 11:57 WIB
Peta lokasi gempa Larantuka, NTT, Jumat (21/8). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa Larantuka, NTT, Jumat (21/8). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 6,9 dilaporkan mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (21/8) pukul 11.09.50 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 670 km. Jaraknya, 171 km arah timur laut Larantuka. Lokasi persisnya ada di koordinat 6,88 Lintang Selatan dan 123,55 Bujur Timur.

Baca juga : Sumba Rentetan Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa yang diyakini tak berpotensi tsunami ini, dirasakan dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV di Waingapu, III Mataram dan Sumbawa besar, II-III Kota Bima, Ende, Ruteng, Kairatu, Banda, II Tambolaka, Kendari, Kota Kupang, dan Alor.

MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia bernama Giuseppe Mercalli, pada tahun 1902.

Baca juga : Lagi, Petenis Dunia Mundur Dari US Open

Dalam gempa berskala MMI IV, jika terjadi pada siang hari, getarannya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara pada skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga : Pacitan Gempa M5.0, Tak Berpotensi Tsunami

Sedangkan pada skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.