Dark/Light Mode

Tangani Covid, BIN Kerahkan Satgas Intelijen Medis

Rabu, 30 September 2020 21:49 WIB
Tangani Covid, BIN Kerahkan Satgas Intelijen Medis

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelijen Negara (BIN) yang dikepalai Budi Gunawan  telah mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) Intelijen Medis, untuk membantu penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

Deputi VII BIN Wawan Purwanto menjelaskan, tugas pokok Satgas Intelijen Medis adalah memberikan bantuan medis melalui deteksi dini adanya penularan virus Covid-19 terhadap warga masyarakat Indonesia.

Baca juga : PKS: Pencegahan Indonesia, Lemah

"Ini merupakan arahan Kepala BIN, yang mengambil inisiatif untuk ikut melakukan penanganan atas semakin meluasnya penularan Covid-19 di Indonesia, dan menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia," papar Wawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/9).

Sejak April 2020, Satgas Intelijen Medis BIN telah hadir berkontribusi melakukan tindakan medis di berbagai daerah yang berada di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga : Cegah Covid-19, BPTJ Luncurkan Layanan E-ticketing dan Lacak Trans

"Animo masyarakat cukup tinggi untuk mengunjungi Posko Satgas Intelijen Medis BIN, untuk melakukan tes usap (swab) guna mengetahui kondisi kesehatan mereka dari kemungkinan adanya penularan virus Corona," tutur Wawan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satgas Intelijen Medis BIN menggunakan laboratorium modern jenis Qiagen dari Jerman dan Thermo Scientific PCR dari Amerika Serikat (AS), yang memiliki tingkat akurasi tinggi dalam mendeteksi virus Corona.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.