Dark/Light Mode

Mau Terapkan Ekasila di Pasuruan

Kader PDIP Ini Cari Sensasi Saja

Jumat, 2 Oktober 2020 07:52 WIB
Calon Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. (Foto: Istimewa)
Calon Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo lagi jadi sorotan. Gara-gaaranya, dia berjanji bakal menerapkan ekasila atau gotong royong jika memenangkan Pilkada bersama pasangannya, Mochammad Hasjim Asjari. Kader PDIP yang juga petahana itu, mengungkapkan gagasan tersebut dalam acara deklarasi kampanye damai yang dihelat KPU, Sabtu (26/9).

Videonya bisa dilihat di YouTube yang diunggah akun resmi KPU Pasuruan. Teno awalnya menggambarkan Pasuruan sebagai miniatur Indonesia. Kota ini memiliki berbagai keanekaragaman dan dinamika. Untuk membuatnya maju di tengah keberagaman yang ada, Teno menyatakan butuh pemersatu. “Seperti halnya bangsa Indonesia dengan keanekaragaman yang bisa dipersatukan dalam sebuah frame Pancasila,” tutur Teno.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Datang Aja Ke 5 Tempat Ini

Nah, dia menilai, kasila atau gotong royong pas diterapkan di Pasuruan. ekasila, merupakan perasan dari Pancasila yang didapatkan dari Trisila, yaitu dari sosio nasionalis, sosio demokratis, ketu hanan yang berkebudayaan. “Dan jika kita peras lagi, kita kristalisasi lagi, hanya ada satu kata untuk mewujudkan kota Pasuruan yang lebih maju dan sejahtera adalah dengan cara bergotong-royong,” ujarnya.

Tak lama-lama bicara, Teno berharap masyarakat Pasuruan tidak terpecah hanya karena berbeda pilihan di Pilkada. Dia ingin masyarakat kembali menyatu usai Pilkada selesai dihelat. “Semoga panggung Pilkada ini hanya satu hari, tidak ada lagi setelah 9 Desember mari berkumpul lagi siapapun nantinya yang amanah dipilih warga Kota Pasuruan menjadi satu lagi,” pesan Teno.

Baca juga : Pelaku Perusakan Mushola di Pasar Kemis, Tangerang Terancam 5 Tahun Penjara

Warganet alias netizen pun ramai mengomentari program nyeleneh Teno itu. “Huu, cari sensasi aja,” cuit @akmalrizal. “Cawalkot Pasuruan menggali kuburnya sendiri,” sambar @dj0y0. Akun @smkar menyebut Teno ngaco. “Pidato yg ngaco to the max.... alias kosong engga ada isi,” sindirnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.