Dark/Light Mode

Selamat, Prodi Pendidikan Kimia UIN Bandung Raih Akreditasi A

Jumat, 9 Oktober 2020 06:16 WIB
Para dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Bandung merayakan kesuksesan meraih akreditasi A dari BAN-PT. (Foto: Dok. UIN Bandung)
Para dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Bandung merayakan kesuksesan meraih akreditasi A dari BAN-PT. (Foto: Dok. UIN Bandung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi A itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 6212/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020, tertanggal 6 Oktober 2020.

“Alhamdulilah kami bersyukur atas pencapaian akreditasi unggul dari BAN-PT. Tentu ini menjadi tantangan bagi Prodi Pendidikan Kimia dan Fakultas Tarbiyah UIN Bandung untuk terus meningkatkan mutu proses dan mutu lulusan. Insya Allah ini menjadi motivasi untuk terus berikhtiar mewujudkan Fakultas Tarbiyah yang unggul, kompetitif, berintegritas dan berakhlak karimah,” ungkap Dekan FTK UIN Bandung Prof Aan Hasanah, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (9/10).

Baca juga : Bahas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Bandung Gelar Workshop

Aan menceritakan, asesmen lapangan secara daring yang pertama di lingkungan UIN Bandung tahun 2020 untuk Prodi Pendidikan Kimia dilaksanakan pada Senin-Selasa, 21-22 September 2020 dengan tim asesor Maria Paristiowati (Universitas Negeri Jakarta) dan Arief Rachman Ibrahim (Universitas Sriwijaya). Sebelumnya, Prodi Pendidikan Kimia terakreditasi B dengan nomor SK BAN-PT Nomor 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015, tertanggal 31 Oktober 2015.

Menurut Aan, raihan akreditasi A merupakan hasil dari kerja tim yang solid dan kolaborasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, yakni Jurusan MIPA, tim Prodi Pendidikan Kimia, mahasiswa, alumni, dan para pengguna lulusan serta semua stakeholder. "Raihan ini tentu memberi semangat baru untuk terus berusaha menyiapkan para calon guru Mapel (mata pelajaran) Kimia yang profesional dan berdedikasi tinggi," jelasnya.

Baca juga : Menara BNI Pejompongan Jadi Bangunan Ramah Pesepeda

FTK memiliki sepuluh Prodi, yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

"Dari sepuluh program studi, 5 Prodi sudah terakreditasi A yakni  PAI, MPI, PBA, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Kimia. Sisanya terakreditasi B dan sedang proses reakreditasi. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan semua Jurusan dan Prodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung akan meraih akreditasi unggul," ungkapnya.

Baca juga : Ciptakan Suasana Nyaman, Mulailah Jadi Teman Anak

Ketua Jurusan Pendidikan MIPA Idad Suhada didampingi Ketua Prodi Pendidikan Kimia Ida Farida bersyukur atas diraihnya nilai akreditasi A. "Alhamdulillah, puji syukur tak terhingga atas pencapaian Prodi Pendidikan Kimia yang telah terakreditasi A melalui asesmen lapangan secara daring yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai 22 September yang lalu. Saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan dan dukungan. Terutama kepada Pak Rektor dan para Warek, Ibu Dekan Fakultas Tarbiyah dan para Wadek FTK, Ketua LPM, Ketua dan Sekretaris Jurusan MIPA, Unit Penjaminan Mutu FTK dan tim akreditasi Prodi Pendidikan Kimia," paparnya.

“Mudah-mudahan dengan pencapaian peringkat terakreditasi A ini menjadi berkah bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Khususnya bagi mahasiswa dan alumni agar terus meningkat mutu pendidikan Islam," pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.