Dark/Light Mode

3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku

Rabu, 14 Oktober 2020 10:34 WIB
Anggota Dewan Pers sekaligus Ketua Tim Kerja Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku, Agus Sudibyo (Foto: Istimewa)
Anggota Dewan Pers sekaligus Ketua Tim Kerja Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku, Agus Sudibyo (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku merupakan program dengan tiga kegiatan utama. Pertama, menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku, untuk mencegah penularan Covid-19.

Kedua, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

Ketiga, melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku, melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik, dalam menghadapi bencana nasional.

Baca juga : Vaksin Paling Efektif Adalah Perubahan Perilaku

Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku terbuka bagi jurnalis di seluruh Indonesia, yang berminat untuk berkontribusi dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Program ini diutamakan untuk jurnalis yang sedang mengalami kesulitan, karena medianya terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Masih terbuka bagi jurnalis di 24 provinsi, termasuk DKI Jakarta, untuk mengikuti program ini. Karena memiliki jumlah pendaftar di bawah kuota yang ditentukan tim kerja," kata Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19, Hery Trianto.

Baca juga : 1.099 Orang Lolos Pantukhir Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN

"Para jurnalis bisa mendaftar secara daring melalui portal www.ubahlaku yang kembali dibuka sejak pagi ini. Mekanismenya simpel, bila persyaratan lengkap, hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk register," ujar Hery.

Saat ini, masih terbuka kuota peserta program sejumlah 2.283 orang untuk semua plafform media baik cetak, online, televisi, dan radio. Dari total kuota 5.800 orang.

“Dari pengalaman gelombang pertama, jurnalis radio paling sedikit yang mendaftar. Jadi, kesempatan mereka masih terbuka lebar. Namun, untuk platform lainnya juga masih terbuka kesempatan," pungkas Hery. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.