Dark/Light Mode

Setahun Jokowi-Maruf Dihadang Corona, Tetap Semangat Ya Pak

Jumat, 23 Oktober 2020 09:12 WIB
Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin. (Foto : Istimewa)
Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Netizen merasa masih banyak masalah dan janji yang tidak terselesaikan pada satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Bahkan, di periode kedua ini, rakyat harus dibebani oleh utang luar negeri yang semakin bengkak.

Pinterpolitik mengunggah meme bergambar kue ulang tahun dengan lilin berbentuk angka satu. Disematkan juga komentar Peneliti Indef Bhima Yudistira yang mengatakan setiap satu penduduk di era pemerintahan Presiden Jokowi menanggung utang Rp 20 juta.

“Periode ke-2 Joko Widodo dan satu tahun Jokowi-Ma’ruf, apa sih yang kalian rasakan,” tulis Pinterpolitik dalam captionnya. “Satu tahun pemerintahan Jokowi, rakyat cuman makan janji. Itupun kagak pake garem dan enggak ada kuahnya,” tulis bu_waras.

Alfasino37 mengingatkan lagi pernyataan Presiden Jokowi bahwa dia tak punya beban apapun di periode kedua pemerintahannya. Sayangnya, yang merasa tidak punya beban sepertinya hanyalah presiden. “Sementara, rakyat dan negara, bebannya justru kian ber- tambah,” ungkapnya.

Baca juga : Yang Bilang Buruk, Cuma Elite Yang Iri

“Catatan kami sebagai relawan pendukungnya, satu tahun pemerintahan Jokowi di periode kedua, secara jujur kami katakan sangat buruk,” ujar Hariwang19.

Utomo_MI mengatakan, tidak ada yang bisa dibanggakan pada satu tahun kepemimpinan Jokowi. Kata dia, pembangunan infrastruktur yang berlebihan dan tidak dibutuhkan rakyat, baik jangka pendek dan panjang, bukanlah suatu prestasi positif.

“Yang lebih buruknya adalah anggaran rutin terus naik, hingga pendanaan infrastruktur dari utang yang meroket. Apa yang bisa diapresiasi,” katanya.

“Jokowi periode pertama baik banget, pilihan anggota kabinet juga nyenengin. Kalau Jokowi periode kedua ambyar. Kayak sama aja sama politisi lain. Jokowi yang lama seperti pudar gitu,” tutur Pencariangin.

Baca juga : Riset I2: Nilai Rapor Kinerja Jokowi Di Media Capai 76 Dengan Catatan

Akunovanto tidak puas dengan kinerja satu tahun pemerintahan Jokowi di periode kedua. Ekspektasinya terlalu tinggi. Namun, bisa juga karena kinerja pemerintahan memang benar tidak memuaskan.

“Melihat kabinet dua Jokowi tidak ada pencapaian yang signifikan khusus di bidang ekonomi. Diperparah lagi ada wabah Corona. Kabinet dua, lebih banyak gaduhnya daripada kerjanya. Hal itu disebabkan para jubirnya yang belum mampu menangkap pesan Presiden,” ungkap Lutfimuhamad008.

Sementara, Prastow mengatakan, periode kedua pemerintahan Jokowi berjalan tidak mudah. “Tapi kita terus merawat harapan dan semangat untuk melewati pandemi dan bangkit lagi,” kata dia.

“Satu tahun periode pertama yang penuh tantangan, terutama pandemi. Kami tetap yakin masa-masa yang lebih cerah & menjan- jikan akan tiba. Selamat bekerja Presiden @ jokowi tetap semangat, relawan setia mendukung,” tukas Chicohakim.

Baca juga : Setahun Jokowi-Maruf, Ini Yang Sudah Dicapai

Lintang_ayoe membanggakan pembangunan infrastruktur yang digenjot Presiden Jokowi. Kata dia, satu tahun pemerintahan Jokowi, pembangunan melesat jauh 1.298 km, jalan tol rampung. Pembangunan sambung menyambung menjadi satu.

“Bangkit untuk Indonesia maju,” katanya. “Beban saya sebagai rakyat memang ada, tapi tidak saya anggap beban karena itu tanggung jawab dan kewajiban saya sebagai rakyat. Saya terima kasih kepada Pak Jokowi karena ke depannya pasti Indonesia akan maju, karena sudah meletakkan dasar yang sangat baik untuk Indonesia Jaya,” ujar KYoestanto. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.