Dark/Light Mode

Maulid Nabi Momentum Jaga Persatuan Untuk Keutuhan NKRI

Kamis, 29 Oktober 2020 14:37 WIB
Founder Monday Media Group M Muchlas Rawi (Foto: Istimewa)
Founder Monday Media Group M Muchlas Rawi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jangan hanya dijadikan sebagai seremonial. Umat Islam harus menjadikan peringatan Maulid Nabi setiap 12 Rabiul Awal sebagai momen meneladani akhlak Rasulullah.

"Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW terutama adalah teladan. Kita tahu bahwa kehadirannya di dunia adalah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia," kata Founder Monday Media Group M Muchlas Rowi, Kamis (29/10).

Baca juga : Pulang Dari Kroasia, Gelandang Muda Persija Senang Banyak Kemajuan

Kang Rowi, demikian Muchlas Rowi disapa, mengatakan, salah satu inspirasi besar akhlak Rasulullah yang konteksnya pas untuk Indonesia saat ini adalah menjaga persaudaraan dan perdamaian. Di tengah maraknya kebencian dan permusuhan antar anak bangsa, maka sangat penting untuk menjaga persaudaraan dan perdamaian demi keutuhan NKRI.

Ia mengingatkan, kebesaran Nabi Muhammad bukanlah karena kekuatan harta benda, tahta, atau bala tentara. Kekuatan Rasulullah ada pada akhlak, budi pekerti, moralitas, mentalitas, dan spiritualitas.

Baca juga : Menpora RI : Hari Sumpah Pemuda Jadi Momentum Bersatu dan Bangkit Songsong Kemajuan Bangsa

Dengan kepribadian seperti itu, Nabi Muhammad berhasil menyatukan perbedaan suku, agama, dan latar belakang sosial lainnya serta menjadikannya sebagai kekuatan. "Karenanya, mari renungkan kembali hikmah maulid demi terciptanya harmoni negeri. Inilah pesan perdamaian Nabi sebagai wujud cita-cita pemilik akhlak mulia," pungkas Muchlas Rowi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.