Dark/Light Mode

Benamkan Investasi Rp 661,9 Miliar

Tiga BUMD Sepakat Bangun Hotel Bintang Di Bandara Kertajati

Rabu, 18 November 2020 06:53 WIB
Teken Kerja Sama : Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyepakati kerja sama membangun fasilitas hotel berbintang tiga hingga lima di kawasan Bandara Kertajati. (Foto/Ist)
Teken Kerja Sama : Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyepakati kerja sama membangun fasilitas hotel berbintang tiga hingga lima di kawasan Bandara Kertajati. (Foto/Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyepakati kerja sama di ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2020. Salah satu kerja samanya membangun fasilitas hotel berbintang tiga hingga lima di kawasan Bandara Kertajati.

Pembangunan hotel tersebut akan dilakukan PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Jaswita) bekerja sama dengan PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan Bank Jabar Banten (BJB).

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Hotel Savoy Homann, Selasa (17/11).

Direktur Utama PT Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin mengatakan proyek ini untuk mendukung kepariwisataan di sekitar Bandara Kertajati, yang menjadi salah satu sarana transportasi penting dalam Rebana Metropolitan.

"Ketiga perusahaan berkomitmen untuk membangun sarana pendukung bandara, yaitu hotel bintang tiga, dengan nilai investasi sebesar Rp 661,9 miliar," tutur Deni.

Baca juga : Gerbang Indonesia Satukan Pandangan Untuk Bangun Bangsa Di Tengah Kemajemukan

Dalam kerja sama ini, Jaswita akan menjadi pelaksana pembangunan dengan dukungan dana dari BJB dan investor swasta.

Sementara itu, BIJB akan menyediakan lahan untuk hotel bintang tiga, bintang lima dan fasilitas pertemuan dan eksibisi (MICE).

"Pembangunan hotel bintang tiga di kawasan Bandar Udara Internasional Jawa Barat sudah menjadi komitmen Jaswita Jabar sejak lama dan penandatanganan kerja samanya dengan BIJB," ucap Deni.

Sebelumnya Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dalam waktu dekat akan ada kawasan Metropolitan Rebana yang berada di kawasan pantai utara.

"Bulan depan akan ada inagurasi pembukaan Pelabuhan Patimban, kereta cepat Jakarta-Bandung akan segera rampung, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan akan segera tuntas dan banyak lagi infrastruktur," imbuhnya.

Baca juga : Oppo Bangun Pabrik Di Tangerang, Adidas Masuk Pati

Sebagaimana diketahui, West Java Investment Summit (WJIS) 2020 merupakan agenda Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar. Pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua.

Pada hari pertama WJIS 2020, sebanyak lima Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak yang melaksanakan siap diteken dengan nilai investasi sekitar Rp4,10 triliun atau sekitar 293 juta dolar AS.

Selain Jaswita Jabar dan BIJB, perusahaan lain yang terlibat dalam acara ini, di antaranya adalah PT Jasa Sarana dan Aspen and Docta Proprietary Limited, PT Gobel Internasional, PT Sarana Multi Infrastruktur, juga PT Indonesia Infrastructure Finance.

Adapun tahun ini, WJIS mengusung tema "Invest in West Java for Better Future, Live, Work, and Play" dengan tagline "Think Investment, Think West Java".

Fokus promosi di WJIS 2020 adalah pengembangan kawasan industri baru yakni Rebana Metropolitan yang sekaligus di-launching di hari pertama WJIS 2020.

Baca juga : Bawa Investasi Rp 8 Triliun, 11 Perusahaan Siap Masuk Kepri

Sejumlah pihak turut terlibat dalam WJIS 2020 yakni Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, bank bjb, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Selain itu, ada juga Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinas Indag) Jabar, Biro Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Investasi Setda Jabar, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar, dan Humas Jabar. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.