Dark/Light Mode

Panglima TNI

Dikit Bicara, Banyak Sidak

Jumat, 20 November 2020 06:34 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Twitter)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Twitter)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, Panglima bertolak ke Markas Marinir di Cilandak. Kali ini, dia disambut Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta jajarannya.

Sama seperti di Cijantung, eks Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini meminta Dankormar mengumpulkan seluruh pasukan di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak. Lonceng berbunyi keras. Seluruh pasukan berlari, dan berkumpul di lapangan. Korps Baret Ungu berbaris, lengkap dengan peralatannya. Kata Hadi, kesiapsiagaan merupakan hal utama sebagai seorang prajurit.

Terakhir, Panglima mengunjungi Markas Wing I Pasukan Khas (Paskhas) di Lanud Halim Perdanakusuma. Tiba di Markas Korps Paskhas, Panglima disambut Komandan Korps Paskhas (Dan korpaskhas) Marsda TNI Eris Widodo.

Baca juga : Perpanjang SIM Di Jakarta, Ini 5 Lokasinya

Menurut dia, tugas TNI adalah menjaga Ibu Pertiwi dari gangguan dan ancaman atau musuh yang memiliki niat jahat untuk menginjakin jak persatuan bangsa. “Komando, komando, komando,” teriak Panglima yang diikuti para prajurit.

Sebelumnya, Hadi juga bikin video pernyataan terkait pentingnya persatuan dan kesatuan di Mabes TNI, Sabtu (14/11) malam. Dia dampingi Panglima Komando Strategis angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen Eko Margiyono. Kemudian, Komandan Komando Operasi Khusus (Koopssus), Mayjen Richard TH. Tampubolon. ada lagi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen Mohamad Hasan. Lalu ada Komandan Korps Marinir, Mayjen Suhartono dan Koman dan Korps Pasukan Khas, Marsda Eris Widodo Yuliastono. “Ingat. Siapa saja yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, akan berhadapan dengan TNI,” tegasnya.

Apa tujuan Hadi lakukan sidak? Kepala Pusat Penerangan (Kapus pen) TNI, Mayjen Achmad Riad mengatakan, Panglima sidak untuk meng ingatkan pasukannya soal ancaman yang berpotensi merusak persatuan Indonesia. “Betul, betul, jelas pasti ini persatuan,” ujarnya.

Baca juga : Penumpang Melahirkan Di Pesawat Lion Air, Ibu Dan Anak Selamat

Namun, dia tak ingin menyebut siapa pihak yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan Indonesia. Apa makna dari sidak Panglima ke markas tiga pasukan khusus?

Pengamat Intelijen dan Keamanan, Susaningtyas Kertopati mengatakan, sebagai Panglima, sidak merupakan hal yang biasa. Namun, kata Nuning, jika kondisi negara dalam keadaan genting, tentu sidak itu diartikan untuk mengecek kesiapsiagaan pasukan dalam meng hadapi ancaman pertahanan dalam bentuk apapun. “Panglima TNI punya kewajiban memimpin pasukannya dalam menghadapi ancaman negara,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Warganet pun ikut mengomentari sidak Panglima. “Dan Panglima TNI melakukan sidak ke beberapa pasukan khususnya, dan berbagai pidato tegas nya menandakan ada sesuatu yang tercium oleh intelijen negara... yaa semoga nggak seberlebihan itu,” ujar @alex_johnatan.

Baca juga : Perpanjang SIM Di Jakarta, Hari Ini Ada Di 5 Lokasi Ya....

“Indonesia Siaga 1?? ada apa ini Panglima TNI siang ini sidak di 3 Matra,” samber @touareq23. akun @Hamzah_Saputra meng apresiasi sikap Panglima. Yang sedikit bicara tapi banyak sidak. “Nggak banyak bicara, tapi banyak cek kesiapan ini itu. Hari ini Panglima TNI, orang nomor satu di tubuh TNI ini, menjadi seorang yang mempertontonkan sebuah ketegasan dalam mem bela NKRI,” cuitnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.