Dark/Light Mode

BGR Logistics Tambah Fitur Pembiayaan KUR Di Aplikasi Warung Pangan

Kamis, 3 Desember 2020 23:39 WIB
Kantor BGR Logistic. (Foto: ist)
Kantor BGR Logistic. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics bersinergi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Bank Mandiri untuk hadirkan fitur baru pada aplikasi Warung Pangan. 

Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics Irma Setyowati mengatakan, terdapat fitur baru pada aplikasi Warung Pangan yakni “WP Fund” yang dapat digunakan oleh mitra untuk mendapatkan pinjaman atau pembiayaan modal kerja guna menjalankan usaha warungnya. 

"Jadi, bisa dapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai sumber pembiayaan yang terjamin aman dan efektif dari fitur ini," ujarnya, di Jakarta, Kamis (3/12). 

Melalui aplikasi Warung Pangan, pihaknya berperan sebagai media yang membantu Mitra Warung Pangan mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) langsung dari Bank Mandiri dan Bank BRI. Sehingga, dengan fitur ini semakin dimudahkan karena kreditnya selain dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warung

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Genjot Pembiayaan Lewat X-TRA Dana iB

"Para mitra juga dapat menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan pangan di aplikasi Warung Pangan yang kemudian akan mereka jual kepada masyarakat," terangnya.

Senior Vice President (SVP) Micro Development and Agent Banking Bank Mandiri, Ashraf Farahnaz mengungkapkan, dukungan perseroan pada program pembiayaan berbasis platform digital ini untuk mengakselerasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penguatan permodalan UMKM dengan mekanisme yang mudah dan handal.

“Selain memanfaatkan fitur WP FUND untuk mengakses KUR sebagai tambahan modal, Mitra Warung Pangan juga mendapatkan kemudahan persyaratan pengajuan agar cepat dapat approval,” katanya. 

Dia mencontohkan, mitra Warung Pangan yang akan mengajukan KUR Mikro dan KUR Kecil hanya dipersyaratkan mempunyai usaha produktif yang telah berjalan selama 6 bulan. Sedangkan mitra pemohon produk KUR super mikro yang memiliki usaha kurang dari 6 bulan cukup memenuhi salah satu persyaratan yang dapat dilihat di menu WP Fund Bank Mandiri pada Aplikasi Warung Pangan.

Baca juga : 25 Alumni Australia Terima Hibah Rp 156 Juta Untuk Pemulihan Di Tengah Pandemi

“Bahkan, yang sudah menggunakan fasilitas KUR Mandiri di luar aplikasi Warung Pangan, masih dapat mengajukan lagi di fitur “WP Fund” aplikasi Warung Pangan,” sambungnya. 

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit, mengapresiasi penambahan fitur Warung Pangan Fund (WP Fund) sebagai alternatif pembiayaan untuk UMKM warung. "Kami yakini ini menjadi solusi untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan warung yang tergabung menjadi Mitra Warung Pangan," katanya. 

Sebab, di tengah situasi ini banyak usaha yang mengalami penurunan penjualan dan pendapatan atau bahkan tutup karena kendala pemasaran dan kesulitan bahan baku. Berdasarkan survey Mandiri Institute pada Agustus–September 2020, ada 67 persen UMKM menggunakan kanal daring dalam promosi dan penjualan sehingga bertahan lebih lama dalam menghadapi pandemi ini. 

Kini, dengan adanya new normal masyarakat mulai terbiasa menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas. Artinya, banyak usaha beroperasi kembali dan tentu membutuhkan pembiayaan untuk kembali menjalankan usahanya. 

Baca juga : Bamsoet Dorong PPKn Kembali Masuk Pelajaran Wajib Di Semua Jenjang Pendidikan

"Untuk usaha-usaha yang berjalan, pembiayaan menjadi penting untuk bisa mengembangkan skala usaha menjadi lebih besar," tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.