Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gunakan Prosedur CDOB

Awas Orang Jahat, Distribusi Vaksin Kudu Diawasi Ketat...

Rabu, 9 Desember 2020 06:19 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (foto/ist)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (foto/ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Netizen mengapresiasi kerja Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memastikan distribusi vaksin Corona sesuai prosedur yang berlaku. Sasaran penerima vaksin juga telah disiapkan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, proses distribusi vaksin menggunakan prosedur Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

“Distribusi vaksin akan sesuai dengan prosedur CDOB dalam menjamin kualitas vaksin sampai diterima oleh masyarakat,” kata Wiku, Senin (7/12).

Baca juga : Bio Farma Sudah Siapkan Rantai Distribusi Vaksin Covid-19

Dia menjelaskan, vaksin akan dikirim ke gudang vaksin di setiap dinas kesehatan provinsi. Kemudian, akan diedarkan ke dinas kesehatan di bawahnya.

Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sasaran dan kebutuhan vaksin Covid-19 untuk setiap daerah. Kebutuhan tersebut disusun hingga tingkat kabupaten/kota.

“Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota,” ujar Terawan dalam konferensi pers virtual “Kedatangan Vaksin Covid-19” yang ditayangkan kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) TV, Senin (7/12).

Baca juga : Terawan: 107 Juta Orang Akan Disuntik Vaksin Covid

Kemudian, data itu dimasukkan ke sistem tim Komite Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Nantinya, KPCPEN akan menyiapkan data sasaran dalam bentuk by name by address.

Terawan mengatakan, sasaran yang diprioritaskan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 hasil pengadaan tahap pertama, yakni tenaga kesehatan.

Kemudian, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan. Terawan berharap, distribusi vaksin benar-benar sesuai prosedur tata cara distribusi obat yang baik. Hal itu dalam rangka menjamin kualitas vaksin sampai diterima masyarakat.

Baca juga : Warga DKI Yang Nggak Mau Dites Atau Vaksin Covid, Bisa Kena Denda Rp 5 Juta

“Semoga pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan tepat waktu, aman dan lancar. Ini juga dalam rangka memberi perlindungan kepada masyarakat agar tetap sehat dan produktif,” jelas Terawan.

Netizen mengapresiasi kerja keras pemerintah menghadirkan dan mendistribusikan vaksin Covid-19. Arie_Kriting memprediksi, proses distribusi vaksin akan berjalan lancar karena dipersiapkan dengan sangat matang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.