Dark/Light Mode

Demo 1812

Amankan 155 Orang, Polisi Sita Ganja Dan Senjata Tajam

Jumat, 18 Desember 2020 17:20 WIB
Polisi membentengi massa demo 1812 yang hendak menuju Istana Merdeka, dari arah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Polisi membentengi massa demo 1812 yang hendak menuju Istana Merdeka, dari arah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya dan TNI mengamankan 155 orang diduga pengikut Rizieq Shihab, yang hendak berunjuk rasa di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

"Sebanyak 155 sudah kita amankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus di Jakarta, Jumat (18/12).

Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga mengamankan pengikut Rizieq, yang akan berunjuk rasa di sekitar Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga : Ada Demo Di Sekitar Istana Merdeka, Polisi Siapkan Pengalihan Arus

Dari 155 yang diamankan, polisi menyita barang bukti ganja dan senjata tajam saat mengamankan ratusan orang itu. Bahkan, seorang polisi kena sabetan senjata tajam, saat membubarkan massa di kawasan Monas. 

"Dari 155 yang kami amankan, ada yang ditemukan bawa ganja di daerah Depok. Ada juga yang bawa senjata tajam," papar Yusri. 

Data itu belum final. Polisi masih terus mendata jumlah peserta aksi yang diamankan. Baik yang sudah ikut aksi, maupun yang terlebih dulu disekat. Peserta aksi yang diamankan juga menjalani 3T alias testing, tracing, dan treatment.

Baca juga : Amankan Pilkada Serentak, Polri Siapkan 456.141 Personel

Massa demo sudah tidak tampak di Patung Kuda. Arus lalu lintas di kawasan Monas kembali normal. Aparat Brimob dan Marinir yang berjaga di lokasi, juga telah membubarkan diri. Hanya ada beberapa polisi masih berjaga di kawasan Monas.

"Alhamdulillah sudah kondusif," ujar Yusri.

Meski begitu, polisi masih melakukan pemantauan lewat udara. Ada beberapa wilayah yang dipantau dengan helikopter. "Helikopter sudah terbang untuk cek situasi sekarang seperti apa. Nanti kita akan laporkan," tandas Yusri. [OKT]

Baca juga : Demo Anies Baswedan Di Mabes Polri, Ini Lima Tuntutan Gema-Jak

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.