Dark/Light Mode

Hoaks, Bayi Selamat Dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Minggu, 10 Januari 2021 21:17 WIB
Foto hoaks bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 (Foto: Istimewa)
Foto hoaks bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua foto yang menampilkan sosok bayi di dalam sebuah jaket penyelamat menghebohkan warganet Tanah Air, Minggu (10/1). Foto tersebut dikaitkan dengan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182, yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1).

Dalam foto itu, terlihat bayi telah dievakuasi petugas berseragam TNI dan dua orang lain. Narasi yang disematkan pada foto itu menyatakan, bayi tersebut merupakan korban selamat jatuhnya Sriwijaya Air SJ182.

Baca juga : 5 Korban Kecelakaan Sriwijaya Air Asal Sumbar, Gubernur Irwan Sampaikan Duka Cita

Foto berikut keterangannya menyebar di Twitter dan percakapan WhatsApp. Berikut narasainya: "BASARNAS, SAR, dan Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air SJ182. Atas kuasa Allah SWT masih selamat dan terombang ambing selama 24 jam di lautan"

Benarkah tim gabungan yang melakukan operasional penyelamatan di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki mengevakuasi bayi selamat seperti dalam foto itu? Ternyata tidak. Foto sosok bayi yang diklaim sebagai korban selamat peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 itu merupakan hoaks.

Baca juga : Ini Daftar Rumah Sakit Rujukan Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air

Seperti dikutip dari Antara, bayi dalam foto yang beredar tersebut merupakan bayi yang selamat dari kapal KM Lestari Maju, yang tenggalam di Perairan Selayar Sulawesi Selatan, Juli 2018. Sebelumnya, foto bayi selamat kapal KM Lestari Maju itu juga sempat muncul dan menjadi hoaks setelah peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air JT610 pada Oktober 2018. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.