Dark/Light Mode

Tenaga Kesehatan Sudah Kewalahan

Perawat Tanpa STR Boleh Tangani Pasien Covid-19

Selasa, 12 Januari 2021 05:37 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/1/2021). (Screnshoot/Youtube/Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/1/2021). (Screnshoot/Youtube/Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
Sebanyak 237 dokter yang meninggal itu terdiri dari 101 dokter umum, 131 dokter spesia­lis, serta lima residen. Sementara 11 di antaranya adalah guru besar. “Rumah sakit akan penuh karena memang kasus aktif­nya naik 30 persennya, pasca liburan,” tutur Budi.

Dia berharap, solusi ini da­pat diterima dan direalisasikan. Solusi lain, adalah meminta pasien positif tak bergejala agar tidak dirawat di rumah sakit. Cukup melakukan isolasi mandiri. Sebab, tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) di RS saat ini me­mang meningkat.

Baca juga : Biar Aman Dari Corona, Lebih Baik Di Rumah Saja

Bukan hanya di Jakarta saja, delapan provinsi lainnya juga mengalami peningkatan BOR di atas 70 persen. Data hingga 2 Januari 2021, fasilitas kesehatan di Indonesia hampir roboh diterjang badai pandemi Covid-19.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan peningkatan BOR tertinggi, yaitu 84,74 persen. Disusul Banten, 84,52 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta 83,36 persen, Jawa Barat 79,77 persen, Sulawesi Barat 79,31 persen, Jawa Timur 78,41 persen, Jawa Tengah 76,27 persen, Sulawesis Selatan 72,40 persen, dan Sulawesi Tengah 70,59 persen.

Baca juga : Vaksin Gratis, Tanpa Syarat

“Kalau misalnya tidak demam, dan tidak sesak nafas, itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau bapak ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri, lakukan di rumah dan di kamar,” jelas dia.

Selain itu, Menkes juga akan menambah pasokan obat dan fasilitas khusus bagi rumah sakit. Namun untuk sementara waktu, dia meminta pihak rumah sakit di bawah Kemenkes menyedia­kan anggaran sendiri.

Baca juga : Rencana Belajar Tatap Muka Tolong Dijadwal Ulang Dong

“Kepala daerah tolong bantu. Kalau kurang, nanti kami akan bantu negosiasi langsung dengan beberapa produsen obat-obatan yang susah sulit didapati,” imbau jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Budi juga meminta rumah sakit menambah kapasitas ka­mar dan tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19. Misalnya, dari yang semula 10 persen menjadi 30 sampai 40 persen dari total kapasitas tem­pat tidur untuk merawat pasien Covid-19. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.