Dark/Light Mode

IMI Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kalsel

Rabu, 20 Januari 2021 16:14 WIB
Pengurus IMI Kalsel saat menyalurkan bantuan untuk korban banjir. (Foto: Istimewa)
Pengurus IMI Kalsel saat menyalurkan bantuan untuk korban banjir. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengapresiasi langkah cepat pengurus IMI Pengprov Kalimantan Selatan (Kalsel) di bawah kepemimpinan Edy Sudarmadi yang menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan kepada masyarakat korban banjir di Kalsel. Bantuan sudah disalurkan ke masyarakat Banjarmasin, Batola; Banjarbaru, Martapura, Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara.

"Bantuan kemanusiaan yang disalurkan antara lain makanan siap saji, bahan baku sembako, dan suplai air bersih. Melalui IMI Rescue, kami juga berikan bantuan perahu karet untuk membantu evakuasi warga. Hingga kini, IMI Kalimantan Selatan terus mengumpulkan donasi, baik dari sesama anggota komunitas pecinta otomotif maupun dari masyarakat luas," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Rabu (20/1).

Berita Terkait : KLHK Bantah Banjir Kalsel Akibat Berkurangnya Lahan DAS Barito

Ketua DPR ke-20 ini menilai, langkah tersebut merupakan aksi nyata kepedulian sekaligus gotong royong IMI Kalimantan Selatan dalam membantu sesama saudara yang terkena musibah banjir. IMI tidak akan tinggal diam menyaksikan saudara sebangsa terkena musibah.

"Kami harap langkah kecil ini bisa turut ditiru berbagai organisasi lainnya. Semakin banyak pihak yang memberikan bantuan, akan semakin membantu mengurangi beban masyarakat," tandas Bamsoet.

Berita Terkait : Bamsoet Ucapkan Selamat Ke Biden Dan Kamala

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengungkapkan, sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, banjir di Kalsel terjadi karena curah hujan tinggi dan anomali cuaca. Sistem drainase tak mampu mengalirkan air dengan volume yang besar. Selain itu lokasi banjir merupakan daerah datar dan elevasi rendah serta bermuara di laut. Sehingga merupakan daerah akumulasi air.

"Pemerintah melalui Kementerian Sosial, BNPB, maupun Kementerian PUPR sudah mengerahkan segala upaya untuk mempercepat penanggulangan banjir. Sebagai saudara sebangsa, kita harus turut serta bergotong royong membantu. Minimal dengan menyisihkan sedikit rezeki maupun menyalurkan bantuan sekecil apapun. Sehingga masyarakat Kalimantan Selatan tak sendirian menghadapi musibah ini," pungkas Bamsoet.  [USU]