Dark/Light Mode

Besok, Purnama Di Atas Kabah

BMKG Sarankan, Besok Subuh Cek Arah Kiblat

Kamis, 28 Januari 2021 23:09 WIB
Besok, Purnama Di Atas Kabah BMKG Sarankan, Besok Subuh Cek Arah Kiblat

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan, pada tanggal 29 Januari 2021, bulan purnama diprediksi tepat berada di atas Ka'bah.

Fenomena ini sangat jarang terjadi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, peristiwa serupa baru akan terjadi lagi pada tahun 2038.

Baca juga : Terus Naik, Jumlah IKM Pangan Tembus 1,86 Juta Unit

Terkait hal ini, BMKG mengimbau umat Islam agar melakukan kalibrasi atau pengecekan kembali posisi kiblat pada Jumat (29/1) pukul 04.43 WIB atau 05.43 WITA.

Berikut cara pengecekan kembali posisi kiblat, menurut rekomendasi BMKG:

Baca juga : Pesan SBY, Pak Mulyadi Teruslah Berjuang Untuk Sumatera Barat

1. Sesuaikan jam yang akan digunakan untuk kalibrasi arah kiblat ini dengan menggunakan jam atom di BMKG di https://jam.bmkg.go.id atau https://ntp.bmkg.go.id.

2. Temukan bulan purnama sebelum jam menunjukkan waktunya.

Baca juga : Kemenkumham Ubah Layanan Publik Ke Arah Digital

3. Hadapkan badan ke arah bulan. Itulah arah kiblat. Karena cahaya bulan lebih redup dari matahari, maka bayangan tidak begitu jelas, dan tidak begitu presisi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.