Dark/Light Mode

Bersama Nasabah, Mandiri Syariah Resmikan Masjid Cipali

Jumat, 15 November 2019 01:03 WIB
Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari (kanan), memukul bedug untuk meresmikan Masjid di Tol Cipali, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (14/11). (Foto: Merry Apriyani/RM)
Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari (kanan), memukul bedug untuk meresmikan Masjid di Tol Cipali, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (14/11). (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meresmikan Masjid Cipali yang berlokasi di Rest Area km 166 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) arah Cirebon. Program rumah ibadah yang dibangun Mandiri Syariah ini dilakukan sejak 2014. Masjid Mandiri Syariah Cipali adalah masjid keempat sebelumnya dibangun di Bromo, Merapi dan Baduy.

"Dalam menjalankan bisnis Bank, Mandiri Syariah tidak hanya bertujuan mencari profit semata. Tapi sekaligus mengajak nasabah untuk mengamalkan kebaikan dunia dan akhirat," ungkap ungkap Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari usai meresmikan Masjid Mandiri Syariah Cipali di Majalengka, Jawa Barat, Kamis (14/11).

"Jadi ada dana yang memang dialokasikan untuk membangun rumah ibadah, bentuknya masjid dan mobil mushala, sarana prasarana pendidikan, bantuan bencana hingga fasilitas kesehatan. Setiap tahun kita juga berangkatkan 100 guru madrasah dari seluruh Indonesia," lanjutnya.

Baca juga : Persiapan PON 2024, Danlaud Maimun Saleh Resmikan FASI Sabang

Berdiri di atas lahan seluas 2.500 meter persegi, masjid ini bisa menampung hingga 1.000 jamaah. Meski memiliki desain moderen, Masjid yang menghabiskan dana pembangunan sekitar Rp 15-16 miliar ini tetap mengusung kearifan lokal. Hal itu terlihat dari penggunaan batu bata terracotta asal Majalengka.

Berada di daerah berkecepatan tinggi (highway), masjid dibangun dengan karakter kuat dan eye catchy, berbentuk kotak. Masjid juga dilengkapi fasilitas wudhu, area komersil, area laktasi, children playground hingga ATM Center.

Pembangunan masjid ini diharapkan tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemudahan sebagai tempat ibadah. Namun bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Hal itu terlihat disediakannya area komersil untuk menampilkan produk layanan UKM bagi masyarakat sekitar.

Baca juga : Jenazah Pebalap Nasional Afridza Munandar Dimakamkan di Tasikmalaya

"Rencana tahun depan sedang kami pikirkan mengenai lokasi mana lagi untuk pembangun masjid. Kami berharap ini bisa terus kami lakukan setiap tahunnya," kata dia lagi.

"Atas kontribusi nasabahlah kami dapat mempersembahkan Masjid ini. Alhamdullilah per akhir September 2019 laba Mandiri Syariah tumbuh 100,38 persen," lanjutnya.

Masjid Cipali diresmikan Dirut Mandiri Syariah dan juga dihadiri oleh Asisten Pembangunan & Kesra Kab. Majalengka Abdul Gani serta disaksikan Jajaran Direksi, SEVP, stakeholders dan nasabah Mandiri Syariah. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.