Dark/Light Mode

Gelar Istighosah Virtual, MUI Ajak Umat Doa Bareng Untuk Keselamat Indonesia

Jumat, 29 Januari 2021 02:25 WIB
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis (Foto: Istimewa)
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar istighosah bersama dan berdoa kepada Allah SWT agar Indonesia dihindarkan dari segala musibah. Istighosah digelar secara virtual, Kamis malam (28/1).

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis mengatakan, musibah yang dialami umat manusia, khususnya bangsa Indonesia yang terus tanpa henti, tidak bisa hanya dipahami sebagai ujian saja. “Kejadian itu mungkin juga azab karena umat telah berbuat maksiat kepada Allah SWT. Kejadian itu juga bisa merupakan bagian dari hukum alam, karena mengikuti hukum kausalitas,” kata dia, seperti dikutip Antara, Kamis (28/1).

Baca juga : Ini, Harapan Wapres Pada Bank Syariah Indonesia

Kegiatan yang dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara itu disiarkan langsung dan diikuti umat Islam melalui zoom meeting dan Youtube di akun Official TV MUI. Istighosah diisi dengan doa dari sejumlah ulama. 

Cholil Nafis mengatakan, baik musibah, azab, atau fenomena alam, berada dalam kekuasaan Allah. Oleh karena itu, dia mengajak kepada umat Islam mengetuk pintu langit. “Kalau kejadian itu berkenaan dengan hukum alam, ya Allah berikanlah kekuatan kepada alam ini agar bencana diangkat oleh Allah," kata dia.

Baca juga : Mandiri Siap Jaring Investor Kakap Berbisnis Di Indonesia

"Kalau ini berkaitan dengan dosa kami, ya Allah kita bertaubat kepadamu mengajak kepada seluruh anak bangsa dan seluruh dunia untuk kita bertaubat agar Allah memberikan keselamatan kepada kita semua,” lanjutnya. “Kalau itu berupa ujian, kita memohon kepada Allah agar kita diberikan kekuatan, bertambah keimanan dan ketakwaan kita," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.