Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hujan Deras, 4 Kecamatan Kendal Terendam Banjir

Jumat, 29 Januari 2021 22:20 WIB
Banjir rendam ratusan rumah warga Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Banjir rendam ratusan rumah warga Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

RM.id  Rakyat Merdeka - Curah hujan yang tinggi menyebabkan empat kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) terendam banjir pada, Kamis (28/1) pukul 18.00 WIB. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengungkapkan, sebanyak 226 rumah terendam akibat hujan deras yang memicu meluapnya daerah aliran sungai dengan tinggi muka air 20 sampai 80 sentimeter. 

Empat kecamatan yang terdampak antara lain Kecamatan Patebon di Desa Bangunsari, Desa Kumpulrejo, Desa Kebonharjo, Desa Lanji, Desa Pidodokulon dan Desa Pidodowetan.

Baca juga : Jalani Vaksinasi Covid Kedua, Baju Ganjar Keren Banget

Selanjutnya, Kecamatan Ngampel di Desa Sudipayung dan Rejosari, lalu Kecamatan Brangsong tepatnya di Desa Tunggulsari. 

Kemudian, lanjut Raditya, Kecamatan Rowosari di Desa Gempolsewu dan Kecamatan Gemuh di Desa Sojomerto.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, melaporkan saat ini banjir sudah mulai surut. 

Baca juga : Gus Menteri Sampaikan Program Presiden Soal Pesantren Mandiri

BPBD Kendal juga masih melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan prakiraan cuaca tiga hari ke depan di Jawa Tengah, berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Berdasarkan analisa InaRISK, Kabupaten Kendal, termasuk wilayah yang berisiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 19 kecamatan berada pada potensi bahaya, di antaranya lima kecamatan yang terdampak banjir pada Januari 2021 ini. Luas bahaya banjir teridentifikasi seluas 27.157 hektar. 

Baca juga : Lupa Selamatkan Janin Sendiri

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor, khususnya di tengah puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2021,” pesan Raditya seraya mengingatkan bahaya bencana. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.