Dark/Light Mode

Dihembuskan Relawan, Dikuatkan PKB

Reshuffle Jilid II Dibuyarkan Fadjroel

Kamis, 4 Februari 2021 05:50 WIB
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: Istimewa)
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba isu reshuffle kabinet jilid II muncul ke permukaan. Kabar soal pergantian menteri ini, pertama kali dihembuskan relawan Jokowi, lalu dikuatkan politisi PKB. Isu ini sempat heboh, lalu dibuyarkan Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman.

Kabar reshuffle jilid II pertama kali dilempar Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer, kemarin. Kepada wartawan, Noel-sapaan akrab Ebenezer-mengaku, mendapat informasi soal kocok ulang kabinet. Dia tak menyebut siapa sumber informasinya.

Siapa yang akan kena reshuffle? Noel juga tak tahu menteri mana saja yang akan diganti. “Namun ada satu sampai tiga menteri (yang di-reshuffle),” ujarnya.

Baca juga : Dinyatakan Tetap Sehat, Gugatan Pailit AIA Ditolak

Kabar dari Noel ini tentu mengagetkan semua pihak. Soalnya, Jokowi baru melakukan reshuffle kabinet, Rabu 23 Desember 2020. Saat itu, ada enam menteri yang diganti dan digeser.

Apa omongan Noel bisa dipercaya? Omongan Noel tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Noel pernah membocorkan adanya reshuffle jilid I. Beberapa hari kemudian, Jokowi melakukan reshuffle. Tapi, bisa saja itu karena kebetulan atau bisa juga memang dia mendapat informasi akurat.

Kabar yang dilempar Noel itu dengan cepat naik ke permukaan setelah di running sejumlah media online. Kabar ini makin berhembus kencang setelah Ketua DPP PKB, Faisol Riza menguatkan, kabar tersebut. Faisol mengaku, mendapat informasi yang sama soal reshuffle jilid II. “Tidak dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Baca juga : Libur Panjang, Biang Kerok Ledakan Penularan Corona

Namun, Faisol tak mau berkomentar panjang lebar soal ini. Apalagi, informasinya memang belum terang benderang.

Saat ditanya soal informasi bahwa ada dua-tiga posisi menteri yang bakal di-reshuffle, Faisol tak menjawab dengan lugas. Dari informasi yang beredar di kalangan wartawan, dua posisi yang bakal kena reshuffle adalah Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko. Soal kedua nama tersebut, Faisol menjawab enteng. “Satu benar, satu salah,” ujarnya.

Kabar ini langsung jadi bahan kasak kusuk. Di jagat maya, berbagai analisa terkait ini bermunculan. Syahrul Yasin Limpo dihubung-hubungkan dengan manuver NasDem. Pasalnya, partai tempatnya bernaung itu adalah satu-satunya parpol koalisi Pemerintah yang masih ngotot ingin merevisi Undang-Undang Pemilu. Sementara, Moeldoko dikaitkan dengan perseteruannya dengan Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.