Dark/Light Mode

Diisukan Kena Reshuffle

Wishnutama Pamer Jadi EO Asian Games

Jumat, 4 September 2020 06:34 WIB
Menparekraf Wishnutama Kusubandio (Foto: Instagram/wishnutama)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio (Foto: Instagram/wishnutama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wishnutama Kusubandio termasuk salah satu menteri yang aktif di dunia maya. Salah satunya, di instagram. Lewat akun @wishnutama, dia banyak mengunggah foto dan video. 

Yang terbaru, pria berduit triliunan rupiah yang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, menampilkan video pembukaan dan penutupan perhelatan Asian Games 2008. Acara yang spektakuler dan keren itu, dianggap sebagai "kredit poin" pertama yang mengantarkan Wishnutama ke hati Jokowi. Karena Wishnutama adalah salah satu konseptor acara ceremony Asian Games itu.

Menanggapi video itu, ada publik yang iseng. Apa Wishnutama sedang mencoba menggugah hati Presiden Jokowi agar dirinya aman di kabinet? Soalnya, memang di antara isu reshuffle kabinet yang muncul, Wishnutama disebut-sebut menjadi salah satu menteri yang potensial ditendang. Pertimbangannya sederhana: pariwisata jeblok karena corona, lalu dia juga nggak punya back up politik. Karena dia datang dari dunia profesional.

Baca juga : Bintang Black Panther Chadwick Boseman Tutup Usia

Video upacara penutupan Asian Games 2018 yang baru dia pasang di instagramnya, baru-baru ini sudah ditonton lebih dari 30.182 kali, dan 105 orang mengomentarinya.

Dalam unggahan tersebut, Wishnutama tak lupa mengapresiasi seluruh pihak yang ambil bagian. "Selalu bangga pada semua teman-teman yang pernah terlibat dalam perhelatan ini dan pastinya dengan prestasi para atlet," ucapnya.

Melalui video ini, Wishnutama juga mengajak masyarakat tetap semangat dan terus berjuang layaknya para atlet berusaha mendapatkan medali emas saat itu. Agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19. "Semoga semangat #energyforasia #asiangames2018 ini terus ada dalam diri kita semua untuk bangkit dalam menghadapi pandemi ini," pesannya.

Baca juga : Di Kenya, Sekolah Yang Tutup Berubah Jadi Kandang Ayam

Meski telah dua tahun berlalu, warganet belum bisa melupakan momen itu. "Ya ampun, kangen banget sama kemeriahan saat itu Pak," tulis @sitibadriahh. "Akan menjadi bagian dari sejarah terkeren sepanjang masa," timpal @fadilafablo24. "Keren. Semoga Indonesia bisa jadi tuan rumah Piala Dunia dan Olimpiade," harap arismanmuhammadjr212.

Namun, ada juga yang iseng, mengaitkan video ini dengan isu reshuffle. “Pak Wishnutama sedang cari aman yaa,” tulis @fahhurdoaibu. “Belakangan share video-video kemegahan Asian Games 2018. Lagi pamer kesuksesan? Cari aman yaa di kabinet?” tulis @faqih_mu.

Apakah lewat video itu Jokowi akan kembali teringat prestasi Wishnutama, lalu akan mengamankannya dari reshuffle? Tidak ada yang tahu. Yang jelas, sejauh ini, sosok Wishnutama banyak disorot. Beberapa waktu lalu, dia menjadi perbincangan hangat para seniman. Sebab, Wishnutama dianggap tidak memberikan solusi konkret atas permasalahan yang dihadapi para seniman dan industri kreatif di tengah pandemi ini.

Baca juga : Kini Kualitas Kamera Sony Hadir Melalui Aplikasi

Padahal, data Koalisi Seni Indonesia menyebutkan, sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, sekitar 104 kegiatan para pekerja seni batal digelar. Di antaranya ada 13 film yang ditunda penayangannya; 44 jadwal konser, tur, festival musik; 13 agenda pameran seni rupa; 8 kegiatan pertunjukan tari; serta 25 pentas teater, pantomime, wayang, serta dongeng, batas digelar.

Dalam obrolan dengan Menko Polhukam Mahfud MD, akhir pekan lalu, seniman dan budayawan Butet Kartaredjasa mengaku sakit hati dengan seorang menteri. Awalnya dia tidak menyebut sosok menteri itu, namun kemudian terucap nama Wishnutama. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.