Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Bandara Ahmad Yani, BKS Tinjau Banjir Di Stasiun Tawang

Minggu, 7 Februari 2021 15:03 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Api Tawang, Semarang, yang terdampak banjir, Minggu (7/2) (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Api Tawang, Semarang, yang terdampak banjir, Minggu (7/2) (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai meninjau kondisi Bandara Ahmad Yani, Semarang, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau kondisi Stasiun Kereta Api (KA) Tawang. Stasiun itu masih belum bisa beroperasi karena stasiun dan jalur kereta api masih tergenang air.

"Stasiun Tawang merupakan bangunan heritage (peninggalan bersejarah) sehingga tidak bisa begitu saja diubah-ubah dan dirombak begitu saja dalam rangka melakukan manajemen air untuk menanggulangi genangan air," tutur Menhub saat meninjau Stasiun Tawang, Semarang, Minggu (7/2).

Baca juga : BKS-Ganjar Bahas Penanganan Banjir Di Bandara Ahmad Yani Semarang

Menhub menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah memiliki sistem manajemen air di sekitar stasiun. Mereka meminta bantuan Kementerian PUPR untuk mengoptimalkannya.

Selanjutnya, Menhub mengungkapkan langkah lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menaikkan ketinggian jalur kereta api sepanjang 500 meter. Menhub menyarankan, untuk sementara, kereta api hanya beroperasi sampai Stasiun Poncol.

Baca juga : Banjir Surut, Bandara Ahmad Yani Kembali Dibuka

"Untuk penanganan terhadap simpul-simpul transportasi, baik di bandara dan stasiun, kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, Kementerian PUPR, dan pihak-pihak terkait lainnya. Karena ini mesti kita lakukan dengan kerja sama," tutur Budi Karya.

Pada Minggu (7/2), kondisi Stasiun Tawang dan jalur kereta api di sekitar area stasiun masih tergenang air. Kondisi itu menyebabkan perjalanan kereta api masih belum bisa beroperasi. Sedangkan di Stasiun Poncol, genangan air dilaporkan sudah surut.

Baca juga : Runway Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Ditutup Sampai Minggu Pagi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah melakukan antisipasi yaitu melakukan perubahan pola operasi pada perjalanan kereta api jarak jauh dengan mengalihkan perjalanan ke jalur selatan. Selain itu, dilakukan juga pengalihan moda terhadap penumpang ka dengan menggunakan transportasi bus. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.