Dark/Light Mode

Akhir Februari, 2,5 Juta Lansia Di Jatim Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 8 Februari 2021 14:09 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyaksikan penyuntikan vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (3/2). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyaksikan penyuntikan vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (3/2). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 2,5 juta warga lanjut usia (lansia) akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Jawa Timur (Jatim). Angka ini mencakup petugas pelayanan publik dan aparatur sipil negara (ASN).

"BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sudah menyetujui penggunaan darurat vaksin CoronaVac untuk lansia atau di atas 60 tahun. Khusus Jatim, (lansia sasaran vaksinasi) jumlahnya 2.551.472 orang," kata Anggota Satgas Kuratif Tim Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Jawa Timur, dr. Makhyan Jibril Al Farabi, di Surabaya, Senin (8/2), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Mulai 10 Februari, Perjalanan KAI Jadi Lebih Singkat

Warga lanjut usia ini akan menjalani vaksinasi COVID-19 bersama petugas pelayanan publik, ASN, serta anggota TNI/Polri pada vaksinasi tahap kedua. "Waktu pastinya sekitar akhir Februari atau menunggu (selesainya) proses vaksinasi tenaga kesehatan yang saat ini masih berlangsung," katanya.

Saat ini, Satgas masih menunggu arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pemerintah Pusat mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Anies: Bermasker Lebih Nyaman Dibanding Kena Covid-19

Sebelumnya, BPOM telah mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin untuk warga berusia 60 tahun ke atas dengan dua kali penyuntikan berselang 28 hari. Kendati demikian, BPOM menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 pada lansia harus dilakukan secara hati-hati karena berisiko tinggi. Sebab, lansia cenderung memiliki komorbid (penyakit penyerta) sehingga pemeriksaan awal sebelum dokter menyetujui vaksinasi sangat penting. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.