Dark/Light Mode

Di ASEAN, Indonesia Paling Lemah Atasi Covid-19

Jumat, 29 Januari 2021 01:54 WIB
Pekerja kantor saat melakukan tes rapid antigen di Jakarta, Senin (25/1/2021). Masih tingginya kasus positif Covid-19 di Jakarta membuat banyak pekerja kantor yang melakukan tes mandiri. (Foto Indra Hadi Saputro/Rakyat Merdeka)
Pekerja kantor saat melakukan tes rapid antigen di Jakarta, Senin (25/1/2021). Masih tingginya kasus positif Covid-19 di Jakarta membuat banyak pekerja kantor yang melakukan tes mandiri. (Foto Indra Hadi Saputro/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selandia Baru, Vietnam dan Taiwan masuk daftar teratas negara-negara yang sukses mengatasi penyebaran virus Corona. Indonesia menduduki peringkat 85, paling rendah di antara negara-negara di Asia Tenggara (kawasan ASEAN).

Selain itu, 10 besar negara yang menangani Covid-19 dengan baik adalah Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia dan Sri Lanka. Negara-negara di atas memiliki lebih sedikit kasus Covid-19 dan angka kematian yang dilaporkan baik secara agregat maupun per kapita.

Pemeringkatan tersebut dibuat Lowy Institute, lembaga think tank  (lembaga kajian) yang berbasis di Sydney, New South Wales, Australia. Lembaga tersebut memeringkatkan 98 negara atas penanganan pandemi Covid-19 melalui publikasi yang berjudul Covid Performance Index.

Baca juga : Tips Ke Dokter Gigi Di Saat Pandemi Covid-19

Dilansir Reuters, Kamis (28/1/2020), namun demikian, The Lowy Institute tidak memasukkan China ke dalam daftar tersebut karena kurangnya data yang tersedia untuk umum. Total ada 98 negara dievaluasi selama 36 pekan. Dalam proses penilaian, dihitung rata-rata angka penularan dalam 14 hari menggunakan data yang tersedia hingga 9 Januari 2021.

The Lowy Institute memperhitungkan jumlah kasus Covid-19 yang terkonfirmasi, kasus yang dikonfirmasi per juta orang, kematian yang dikonfirmasi, kematian yang dikonfirmasi per juta orang, kasus yang dikonfirmasi sebagai proporsi tes, dan tes per 1.000 orang. Laporan itu muncul ketika kasus virus korona di dunia melampaui 100 juta kasus dengan jumlah kematian melebihi 2 juta.

Lowy Institute menyebutkan, di Asia Tenggara, Indonesia (24,7) merupakan negara dengan peringkat paling rendah dari negara yang masuk survei. Thailand (84,2) menduduki peringkat ke-4. Singapura (74,9) peringkat ke-13. Malaysia (71) ke-16, Myanmar (62,3) ke-24, dan Filipina (30,6) ke-79.

Baca juga : Nutraseutikal Alami, Alternatif Pencegah Covid-19

AS, dengan lebih dari 25 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, berada di peringkat 94 sementara India, berada di peringkat 86 dengan 11 juta kasus. Inggris, dengan jumlah kematian tertinggi di Eropa, berada di posisi ke-66.

Indeks tersebut menunjukkan negara-negara di Asia-Pasifik terbukti paling berhasil dalam mengatasi pandemi. Eropa dan AS dengan cepat kewalahan oleh penyebaran cepat Covid-19. “Tingkat perkembangan ekonomi atau perbedaan dalam sistem politik antar-negara memiliki dampak yang lebih kecil pada hasil daripada yang sering diasumsikan atau dipublikasikan,” kata Lowy Institute dalam analisisnya.

“Secara umum, negara dengan populasi yang lebih kecil, masyarakat yang kohesif, dan lembaga berkapabilitas memiliki keunggulan komparatif dalam menangani krisis global seperti pandemi,” imbuh lembaga tersebut.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Penumpang KAI Wajib Tes GeNose Covid-19

Vietnam yang telah menggunakan pengujian terpusat untuk menahan penyebaran Covid-19, berhasil mencatatkan nol kasus selama hampir dua bulan. Vietnam baru kembali melaporkan kasus yang ditularkan secara lokal pertama pada Kamis (28/1). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.