Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Belajar Menyenangkan, Kunci Mengatasi Masalah Sekolah Online

Rabu, 10 Februari 2021 15:56 WIB
Sekolah online/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Sekolah online/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembelajaran jarak jauh alias online selama masa pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan bagi orang tua, murid, dan guru. Bukan hanya karena masalah teknis, tetapi juga problematika lainnya yang cukup menguras energi. Banyak murid dan orang tua merasakan betapa memberatkannya pembelajaran online. 

Menurut Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM) Laksmi Mayesti W, untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan solusi yang menyenangkan bagi para murid. Agar mereka mampu menyerap ilmu dari setiap kegiatan belajar daring yang mereka lakoni. Agar menyenangkan, belajar daring bisa dikombinasikan dengan pengerjaan lembar kegiatan positif, menonton video, membaca buku cerita yang relevan, permainan interaktif, prakarya, serta eksperimen mandiri lewat alat dan bahan yang tersedia.

Menurutnya, pengaturan waktu dan disiplin yang positif juga menjadi kunci dalam keberhasilan skema belajar daring. "Bagaimana membuat kesepakatan bersama dengan anak, membuat tujuan belajar mandiri, dan membangun rutinitas belajar merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran," kata Laksmi, Rabu (10/2).

Baca juga : Belajar Jarak Jauh Masih Terkendala, Ibas Motivasi Siswa Agar Tak Patah Semangat

Laksmi menerangkan, pihaknya memberikan strategi menumbuhkan rutinitas dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh kepada semua murid SMM. Selain itu, sekolah juga memastikan pembelajaran jarak jauh selalu menyenangkan dan bermakna.

Di samping kedua strategi itu, kata Laksmi, orang tua juga bisa membuat kesepakatan bersama tentang jam belajar dan bentuk bantuan yang dibutuhkan. Di sini, SMM menekankan bahwa murid tetap menjadi nahkoda dalam pelajaran pembelajaran mereka.  "Orang tua dan guru hanya fasilitator yang akan membantu mereka menyukseskan pembelajaran yang sudah dirancang," kata Laksmi.

SMM juga memiliki program belajar yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Pertama, Belajar Live dengan menggunakan program di platform Sekolah.mu, buku belajar murid, kit belajar atau kombinasinya yang difasilitasi guru dan tetap didampingi orang tua. Kedua, Belajar Mandiri yang dilakukan di rumah dengan orang tua sebagai fasilitatornya. Pembelajarannya sama seperti program Belajar Live.

Baca juga : Sapa Desa, Gus Menteri Dengar Aspirasi Kepala Desa Di NTT

Ketiga, refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan murid di SMM seperti tantangan yang dihadapi, keterampilan yang sudah dikembangkan, rencana serta strategi yang akan dilakukan. Keempat, program elektif yang mempersonalisasikan program belajar sesuai dengan minat dan bakat sang anak. Tiap murid diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi secara luas terkait aspirasi kariernya di masa depan.

Kelima, sesi homeroom yang bertujuan agar wali kelas membantu murid merancang target dan strategi belajar mingguannya. Sesi ini juga menjadi wadah bagi murid untuk bercerita mengenai perasaan dan pengalaman yang dialaminya, baik yang berkaitan langsung maupun tidak langsung terhadap pembelajaran. Keenam, field trip yang dilakukan di suatu tempat bersama narasumber ahli untuk memperdalam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan dan memberikan pengalaman baru bagi murid. Selama pandemi, SMM menghadirkan kegiatan field trip secara virtual.

"Selama pandemi, SMM memaksimalkan efektivitas belajar dengan memanfaatkan fitur yang bisa diakses secara daring dan melibatkan orang tua untuk secara aktif menjadi fasilitator belajar anak," kata Laksmi. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.